Informasi Terbaru idea2win

Nutrisi Anak Apa Saja Yang Harus Dipenuhi Agar Tumbuh Sehat?

Pola makan anak sangat penting diatur sejak dini agar pertumbuhannya bisa optimal. Saat masih usia dini, memahami berbagai kebutuhan nutrisi anak akan membantunya tumbuh menjadi anak yang hebat di masa depan. Disamping itu, apabila gizi si kecil dipenuhi, hal ini akan membantu mengurangi beberapa resiko penyakit saat dewasa nanti. 

Apa Manfaat Makan Sehat?

Seperti yang disebutkan sebelumnya, makan makanan sehat akan membantu berat badan seseorang stabil. Selain itu, mengkonsumsi makanan tertentu juga akan mengurangi resiko seperti tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2,kanker, serangan jantung, kekurangan zat besi, karis gigi dsb. Makanya, ketika masih kecil membangun diet yang sehat untuk si kecil merupakan hal yang paling penting supaya penyakit seperti ini bisa diminimalisir. Selain itu, hal positif yang bisa Anda ambil ketika mengenalkan makanan bervariasi adalah kebiasaan makan sehat akan terbawa sampai besar. 

Bagaimana Cara Membangun Diet Sehat Bagi Si Kecil?

Prinsip dasar membangun kebiasaan makan anak adalah dengan menyajikan makanan yang bervariasi dan penuh rasa. Meski demikian, apa bila anak Anda masih bayi atau balita, tidak disarankan memberikan perasa seperti garam, gula dan MSG. Umumnya saat kecil mereka masih beradaptasi dengan makanan sehingga memberikan makanan dengan rasa kuat tidak disarankan. Disamping itu, hal ini akan membentuk kebiasaan picky atau pilih-pilih makanan saat ia mulai dewasa. 

Nutrisi Anak

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang wajib diberikan. 

Sayuran Hijau dan Umbi-umbian 

Tahukah Anda kalau sayuran hijau ini sangat bermanfaat bagi tubuh? Semakin hijau sebuah sayur semakin tinggi nilai gizinya. Disamping itu, lebih disarankan memberikan banyak variasi sayuran hijau agar kebutuhan nutrisinya terpenuhi. Sebaiknya hindari kentang goreng karena hal ini berdampak negatif pada tekanan darah. 

Buah Aneka Warna 

Buah-buahan kaya akan vitamin dan mineral. Sangat disarankan untuk menyajikan buah dalam bentuk utuh dan biarkan si kecil mengunyahnya. Memberikan buah secara utuh membantu si kecil mendapatkan manfaat buah secara maksimal. 

Makanan Terbuat Dari Gandum

Pastikan menyajikan makanan yang berbahan dasar gandum. Lebih baik pilih less processed whole grain food agar manfaat maksimalnya lebih baik. Whole grain ini meliputi nasi merah, gandum, dan sejenis makanan yang berbahan dasar dua bahan ini; pasta, pizza dan roti. 

Sumber Protein Yang Tepat 

Satu lagi sumber makanan yang baik untuk si kecil adalah sumber protein. Anda bisa mendapatkannya dari sejumlah sumber misalnya ikan, telur, unggas hingga kacang-kacangan. Sebaiknya hindari makanan yang mengandung daging merah seperti beef, babi dan domba. Selain itu, hindari makanan berdaging kemasan atau yang sudah diproses menjadi produk lain seperti sosis, hot dog, nugget dsb.

Perlu diingat, lemak juga merupakan salah satu nutrisi penting bagi anak. Meski demikian, pastikan Anda hanya memilih lemak sehat seperti Omega 3 dan Omega 6 yang terdapat pada ikan-ikanan, kacang-kacangan dan biji-bijian. Disamping itu, gunakan minyak yang sehat seperti minyak kanola, zaitun, jagung atau bunga matahari. 

Penuhi juga vitamin D dan kalsium si kecil dengan memberikan pilihan nutrisi pendukung seperti susu pertumbuhan yang tepat. Jangan lupa biasakan dia untuk minum air putih karena ini adalah media terbaik untuk melancarkan metabolisme. Kurangi minuman seperti jus kalengan dan juga bersoda. Minuman seperti mengandung banyak gula dan tidak memiliki gizi berimbang sehingga kurang baik untuk kesehatan.