Informasi Terbaru idea2win

8 Peran yang Ada di Social Media Agency Jakarta

Social media agency adalah agensi yang bekerja untuk memaksimalkan pemasaran melalui media sosial. Meskipun cakupannya hanya di media sosial, namun ranah kerjanya cukup banyak. Oleh sebab itu, ada banyak peran di dalam social media agency Jakarta yang perlu Anda kenali. Setiap peran tersebut bisa membantu membuat pemasaran bisnis Anda menjadi lebih maksimal.

8 Peran yang Ada di Social Media Agency Jakarta

Langsung saja, berikut ini adalah peran-peran yang ada di social media agency:

1. Manajer Media Sosial

Manajer media sosial merupakan bagian yang berperan mengawasi perencanaan strategi media sosial, pembuatan akun, serta pengelolaan akun media sosial. Biasanya, manajer media sosial yang menjadi jembatan antara klien dengan tim kreatif. Manajer juga harus memastikan strategi yang dikembangkan sesuai kebutuhan dan tujuan bisnis dari klien.

2. Spesialis Periklanan Sosial

Peran kedua yang ada di agensi adalah spesialis periklanan sosial. Bagian ini berperan dalam mengelola kampanye iklan berbayar di media sosial seperti Facebook, Instagram, TikTok, dan lain sebagainya. Tim spesialis periklanan sosial bisa membantu melakukan periklanan secara efektif dan efisien sesuai budget klien.

3. Content Creators

Media sosial erat kaitannya dengan konten. Jadi, social media agency Jakarta pasti memiliki tim yang berperan sebagai content creators. Tugasnya menciptakan konten kreatif seperti gambar, video, artikel, infografis, dan lain sebagainya. Konten tersebut harus mampu menyampaikan key message dari pemasaran yang dilakukan. Setiap platform membutuhkan kreativitas yang berbeda, content creators harus menguasainya.

4. Desainer Grafis

Perancang elemen visual pada social media agency adalah desainer grafis. Desainer grafis akan bekerja sama dengan content creator untuk menciptakan visual yang sesuai tujuan bisnis. Keahlian yang dimiliki oleh desainer grafis yaitu perangkat lunak desain, pemahaman tentang visual, dan juga tren desain.

5. Copywriter

Copywriter adalah bagian yang bertanggung jawab untuk menulis teks yang mampu menarik audiens untuk melakukan sesuatu. Sebagai contoh linke, comments, pembelian, pendaftaran, dan lain sebagainya sesuai tujuan bisnis. Copywriter juga bekerja sama dengan content creators dalam menciptakan konten di media sosial. Konten tulisan yang dibuat harus singkat, jelas, menarik, dan sesuai tujuan pemasaran.

6. Analisis Media Sosial

Dalam setiap perencanaan pemasaran wajib ada yang namanya analisis. Oleh sebab itu, tim social media agency Jakarta juga memiliki peran analisis media sosial. Tugasnya yaitu bertanggung jawab mengumpulkan dan menganalisis data dari berbagai sumber untuk digunakan sebagai bahan perencanaan pemasaran. Tim harus menguasai tools analitik karena digunakan dalam analisis media sosial.

7. Spesialis SEO

Media sosial erat kaitannya dengan SEO atau Search Engine Optimization. Spesialis SEO adalah ahli yang akan melakukan optimasi di mesin pencari. Tujuannya membantu meningkatkan visibilitas konten di media sosial. Biasanya SEO digunakan di website, namun banyak juga yang menggunakannya di media sosial. Tim akan menambahkan kata kunci dalam konten agar mudah ditemukan target pasar.

8. Manajer Hubungan Pelanggan

Peran terakhir di social media agency adalah manajer hubungan pelanggan. Hubungan dengan pelanggan lama harus tetap dijaga agar mereka menjadi pelanggan setia. Manajer hubungan pelanggan akan berinteraksi dengan pengikut dan pelanggan, menangani keluhan atau masalah, dan menjawab pertanyaan. Tujuannya untuk membina hubungan baik sehingga bisa menjadi pelanggan setia. 

Itulah 8 peran yang ada di social media agency Jakarta. Rekomendasi agensi yang memiliki tim kompeten dan berpengalaman yaitu IDEOWORKS (PT. CIPTA URBAN DARSANA). Berpengalaman sejak tahun 2012 untuk menangani pemasaran banyak perusahaan. Selain media sosial, agensi ini menawarkan layanan lengkap untuk pemasaran karena termasuk full service marketing agency. Anda bisa menghubungi tim IDEOWORKS melalui website resmi untuk informasi lebih dalam.