Informasi Terbaru idea2win

Makanan Khas Lebaran Indonesia dari Berbagai Daerah

Indonesia merupakan Negara kepulauan, disebut sebagai Negara kepulauan karena Indonesia terdiri dari berbagai pulau. Diantara pulau-pulau tersebut, diIndonesia terdapat 5 pulau besar yang dapat terlihat pada peta yaitu Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Papua.Indonesia sangat kaya akan berbagai ras, suku, bahasa dan agama. Dari banyaknya ras dan suku yang terdapat di berbagai pulau, Indonesia juga kaya akan makanan yang khas dari berbagai daerah. Tahukah Anda? dari banyaknya menu makanan yang khas dari berbagai Negara, terdapat makanan yang disajikan sebagai makanan khas lebaran.

Menu-menu tersebut yaitu soto betawi, makanan ini juga biasanya disajikan saat perayaan lebaran. Soto betawi biasanya disajikan sama seperti soto-soto pada umumnya yaitu berisi potongan-potongan daging seperti daging ayam ataupun sapi. Pada soto betawi ini kuahnya mengandung santan dan susu yang membuat cita rasanya menjadi gurih dan disajikan dengan mie sohun. Selain soto betawi terdapat pula soto banjar dan soto sokaraja dengan kekhasan yang berbeda-beda.

Pada soto betawi yang sudah disebutkan tadi kuahnya berasal dari santan dan susu, soto banjar sedikit berbeda yaitu umumnya sama disajikan dengan mie soon namun pada soto banjar disajikan dengan telur ayam, perkedel kentang dan irisan bawang merah dan bawang putih goring serta seledri. Rasa pada soto banjar sedikit asam karena berasal dari perasan jeruk nipis. Sedangkan pada soto sokarja disajikan dengan bumbu kacang yang dapat menciptakan rasa yang gurih dan segar. Sama seperti soto-soto lainnya, soto sokaraja juga berisi potongan-potongan daging.

Selain menu soto yang berasal dari Jakarta, Banjar dan Purwokerto tadi, sebenarnya masih banyak banyak lagi menu yang menjadi makanan khas lebaran lainnya. Salah satunya yaitu gulai, selain gulai kambing yang sudah biasa disajikan. Saat lebaran Medan memiliki menu andalan yaitu gulai nangka. Gulai nangka hamper sama dengan gulai-gulai pada umumnya. Dan penyajian yang dilakukanpun hamper sama dengan daerah lainnya. Namun gulai ini terdiri dari potongan buah nangka yang dicampur dengan iga sapi di dalamnya.