Informasi Terbaru idea2win

Manis Alami Dengan Gulaku

Di berbagai resep makanan sudah pasti kita akan menemukan gulaku 1 kg sebagai bahan pelengkap atau tambahan. Pada masakan biasanya gula difungsikan sebagai pengganti micin atau penyedap rasa. Sedangkan pada kue-kue, gula biasanya difungsikan sebagai penambah rasa manis, pembentukan warna dan juga bisa berfungsi sebagai bahan pengawet.  

Berbicara mengenai gulaku 1 kg tentu ada beberapa jenis. Tergantung akan digunakan sebagai apa nantinya. Jika sebagai pengganti micin atau penyedap rasanya, penggunaannya cukup sedikit saja. Namun jika digunakan untuk membuat kue tentu dibutuhkan takaran tertentu. Selain makanan, peran gula juga sangat penting dalam pembuatan minuman.

Orang-orang awam mungkin hanya tahu bahwa gulaku 1 kg itu manis, tapi tidak banyak yang tahu bahwa ternyata gula juga memiliki banyak jenis. Ada gula pasir, gula batu, gula kristal, gula merah, gula kastor, dan gula bubuk. Penggunaannya pun beda-beda tergantung akan digunakan sebagai apa. Rasa manis yang dihasilkan juga berbeda-beda.

Gulaku 1 Kg
Gulaku 1 Kg

Beberapa fungsi gula pada beberapa resep masakan:

1. Gula merah

Gula merah disebut gula aren atau gula jawa yang memiliki tekstur padat.

Gula merah biasanya digunakan dalam pembuatan beberapa jenis bolu, dodol, pelengkap cendol, dan beberapa jenis olahan lainnya. Selain memberikan rasa manis, gula jenis ini juga bertindak dalam memberikan warna cokelat pada masakan atau makanan.

2. Gula bubuk

Gula bubuk merupakan gula pasir yang di haluskan. Meski rasanya tidak terlalu manis, namun keberadaanya cukup mampu membuat masakan atau makanan menjadi cantik di pandang. Sebab gula bubuk kerap dijadikan sebagai bahan pelengkap dalam menghias beberapa jenis kue.

3. Gula pasir

Gula pasir adalah salah satu jenis gula yang paling banyak digunakan. Bentuknya cukup kasar.  Fungsinya bisa mencakup semua hal yang sudah dipaparkan pada paragraf pertama. Salah satu jenis gula pasir terbaik adalah gulaku 1 kg. Manisnya pas dan teksturnya yang putih, terbuat dari tebu alami.

Masih banyak jenis-jenis gula lainnya. Tentu dengan bermacam-macam kegunaan. Beda olahan, beda juga jenis gula yang akan digunakan.