Informasi Terbaru idea2win

3 Tips Penting Menggunakan Baby Walker Untuk Bayi Yang Belajar Berjalan

Melihat bayi tumbuh dan berkembang dengan baik tentu akan menjadi kesenangan tersendiri bagi para orang tua. Apalagi ketika si kecil dalam tahap belajar merangkak atau berjalan. Dalam rangka membantu bayi bisa berjalan dengan cepat, banyak orang tua yang menggunakan bantuan dari baby walker. Lagipula benda ini sudah banyak dijual di pasaran dan bisa dipesan secara online dengan mudah.

Bagi beberapa orang, penggunaan alat bantu jalan bagi bayi ini memang tidak dianjurkan. Namun, di lain sisi masih banyak juga yang menganggap alat ini cukup efektif untuk membantu si kecil berjalan. Alasan lain yang membuat Anda memerlukan bantuan dari alat ini karena tidak mungkin bisa selalu mendampingi anak secara langsung. Lebih baik menggunakan 3 tips berikut ini ketika Anda ingin menggunakan alat bantu bayi berjalandengan aman.

Memilih Ruang yang Aman

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih tempat atau ruangan yang aman bagi bayi. Selain memilih ruangan yang aman, Anda juga harus mendampingi dan mengawasi si kecil agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. 

Beberapa kasus yang sempat terjadi adalah orang tua yang membiarkan anak bermain sendiri tanpa mengawasinya, bahkan meninggalkan si kecil bermain ponsel atau menonton televisi. Bagaimanapun keadaannya, bayi harus selalu diawasi di sampingnya. Apalagi saat sedang proses belajar berjalan. Si kecil tentu membutuhkan bantuan dan dukungan yang besar. Jika Anda bisa mengawasi anak dengan baik, tentu bayi juga akan terlindungi dengan aman. 

Pandu Anak  Menggunakan Alat

Sama seperti orang dewasa yang baru menggunakan alat tertentu, bayi yang baru memakai alat bantu jalan juga pasti memerlukan bantuan dari Anda. Bimbing dan ajari anak dalam belajar menggunakan alat, ajari sampai si kecil terbiasa dan bisa menggunakannya dengan lebih baik.

Anda bisa mengajari anak cara untuk menyalakan musik, menggunakan mainan yang ada, ataupun fitur-fitur lainnya yang ada pada baby walker. Selain membuat anak menjadi semangat dan ceria, si kecil juga bisa belajar dengan lebih menyenangkan.

Anda juga bisa memandu anak dengan mengajarinya menggunakan alat bantu pelan-pelan, supaya ia terbiasa untuk menggerakkan roda secara perlahan. Jangan sampai si kecil menggerakkan roda terlalu cepat dan kencang. Perlu diingat bahwa Anda harus selalu mengawasi si kecil.

Sesuaikan Dengan Kebutuhan Anak

Menyesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi dari anak juga sangat penting. Anda bisa memperhatikan perkembangan anak, apakah dia memang sudah siap untuk menggunakan alat bantu jalan atau belum. Pada umumnya si kecil akan melalui beberapa tahap secara alami, dari duduk, merangkak, kemudian berdiri dan berjalan.

Namun tidak ada salahnya juga untuk membantu anak belajar berjalan sesuai dengan kebutuhannya. Jadi Anda perlu menentukan dengan matang kapan waktu yang tepat untuk menggunakan bantuan alat. 

Selain itu, Anda juga disarankan untuk menggunakan alat bantu jalan ini seperlunya saja. Mungkin Anda bisa memberikan waktu khusus bagi bayi menggunakan alat ini di jam tertentu saat Anda tak bisa menggendong atau menuntunnya secara langsung. Sebab jika menggunakan alat ini terus menerus dalam sehari, dikhawatirkan juga akan memiliki dampak yang tidak baik. Intinya kontrol penggunaannya dan selalu awasi anak saat bermain.

Dengan memperhatikan beberapa tips di atas, Anda bisa menggunakan alat ini dengan bijak dan aman. Apalagi saat ini baby walkerjuga telah mengalami banyak perkembangan dan modifikasi yang menarik. Fitur-fitur yang ditawarkan juga lebih menyenangkan sehingga anak bisa menggunakannya dengan nyaman dan penuh semangat.