Informasi Terbaru idea2win

Kenali Tahap Perkembangan Anak Secara Kognitif

Perkembangan kognitif merupakan salah satu aspek perkembangan yang perlu Mam dan Pap ketahui. Perkembangan ini mengacu pada kemampuan si Kecil dalam memahami sesuatu hal. Tokoh psikologi dunia bernama Jean Piaget mengemukakan pendapat bahwa cara berpikir anak-anak berbeda dengan orang dewasa. Kemudian ia membagi tahap perkembangan anak secara kognitif menjadi 4 tahapan yaitu sebagai berikut:

Tahapan Sensorimotor

tahap perkembangan anak
tahap perkembangan anak

Tahapan ini terjadi saat si Kecil baru lahir hingga mereka berusia 2 tahun. Kemampuan mereka pada umumnya terbatas pada gerak reflek dan penggunaan panca indera. Menginjak usia 18 bulan, anak mampu menciptakan simbol pada benda dan mengetahui fungsi dari sebuah benda. Lambat laun mereka juga akan mampu mengenali orang asing dan orang terdekat.

Tahapan Pra Operasional

Tahap perkembangan anak selanjutnya adalah tahapan praoperasional pada usia 2-7 tahun. Si Kecil sudah mampu masuk ke dalam lingkungan sosial. Selain itu, mereka sudah mampu melakukan banyak hal seperti mengklasifikasikan sesuatu berdasarkan bentuk, warna, dan lain sebagainya.

Tahapan Operasional Konkret

Tahapan operasional konkret terjadi saat anak memasuki usia 7-11 tahun. Jadi mereka sudah mampu mengurutkan dan mengklasifikasikan objek dengan mudah. Mereka juga memiliki kemampuan berpikir logis serta mengingat yang berkembang pesat. Karena sifat egosentris mulai menghilang, si Kecil mulai mampu melihat masalah dari sudut pandang orang lain.

Tahapan Operasional Formal

Tahapan terakhir yaitu operasional formal yang terjadi pada anak usia 11 tahun ke atas. Si Kecil sudah mampu menguasai penalaran serta berpikir abstrak. Mam perlu memberikan perhatian agar si Kecil bisa melewati masa peralihan antara remaja dan dewasa dengan baik.

Itulah tahap perkembangan anak secara kognitif menurut Jean Piaget. Mam bisa mendukung perkembangan anak tersebut dengan memenuhi kebutuhan nutrisi dan memberikan stimulasi. Kebanyakan orang tua memberikan stimulasi melalui tontonan, mainan, dan aktivitas. Sedangkan kebutuhan nutrisi bisa didapatkan melalui makanan sehat dan dilengkapi dengan susu pertumbuhan.

Wyeth Nutrition sebagai salah satu brand produk susu pertumbuhan juga menghadirkan produk untuk anak usia 1 tahun ke atas. Produk susu tersebut terdiri dari S-26 Procal dan S26 Procal GOLD untuk anak 1 tahun hingga 3 tahun. Lalu produk susu S-26 Promise dan S-26 Promise GOLD untuk anak 3 tahun sampai 12 tahun.