Informasi Terbaru idea2win

Langkah Mudah Cara Mengajarkan Anak Belajar Pada Usia Pra Sekolah

Pada usia prasekolah atau saat berusia 3-4 tahun, si Kecil sudah mulai bisa mengembangkan keterampilan motorik halus yang menjadi bekal ketika nanti ia masuk sekolah. Pada usia ini, Bunda dapat memaksimalkan kemampuan si Kecil dengan mengajaknya belajar dirumah dengan materi yang sederhana seperti pengenalan angka dan huruf, pengenalan nama-nama hewan, pengenalan buah-buahan dan sayuran, pengenalan warna, pengenalan bentuk dan masih banyak lainnya. Memberi pelajaran untuk anak memang bukan perkara mudah, Bunda harus memiliki metode khusus untuk membangun keinginan belajar si Kecil sehingga proses belajar ini menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan. Lalu bagaimanakah cara mengajarkan anak belajar dengan baik? simak ulasan berikut ini:

Perhatikan Kondisi Mood Anak

Langkah pertama yang perlu diperhatikan dalam memberi pelajaran untuk si Kecil adalah kondisi moodnya. Carilah waktu yang pas untuk si Kecil mulai belajar. Ketika moodnya baik, maka proses belajar pun akan lebih mudah dan menyenangkan.

Gunakan Berbagai Media Pembelajaran

Penggunaan berbagai media ini dimaksudkan agar proses kegiatan belajar menjadi lebih menyenangkan dan si Kecil tidak merasa bosan. Bunda dapat menggunakan media seperti:

  1. Media audio

Manfaat dari media ini adalah untuk merangsang perkembangan imajinasi dan perkembangan bahasa si Kecil. Oleh karenanya untuk dapat memanfaatkan media audio dengan baik, media ini harus dipersiapkan secara maksimal, seperti besar kecilnya volume suara, serta intonasi-intonasi suara yang diperdengarkan. Tujuannya adalah agar si Kecil dapat menangkap dan memahami suara yang didengarnya, baik itu cerita maupun lagu anak-anak.

  1. Media visual

Media visual seperti poster, komik, flash card dan lainnya adalah sarana pembelajaran berisi gambar dan tulisan yang dapat menarik perhatian si Kecil. Media ini baik untuk digunakan sebagai media pembelajaran si Kecil. Dengan menggunakan penglihatannya ia akan dapat mengetahui persis tentang sesuatu yang dipelajari.

  1. Media audio-visual

Media audio-visual adalah media yang mempunyai unsur suara dan unsur gambar biasa disebut dengan pandang dengar. Bunda dapat memaksimalkan media ini dengan memutarkan film atau lagu Anak-anak untuk mengasah indera penglihatan dan indera pendengaran si Kecil.

Itulah beberapa cara mengajarkan anak pada usia dini untuk mempersiapkan sebelum nanti ia masuk sekolah. Untuk mendukung proses belajar si Kecil, Bunda dapat memberinya Dancow Gum guna mendukung perkembangan otak si Kecil sehingga ia bisa mendapatkan kecerdasan yang optimal.