Informasi Terbaru idea2win

7 Makanan Bernutrisi yang Memaksimalkan Tinggi Badan

Pertumbuhan tinggi badan merupakan salah satu hal yang menjadi perhatian orang tua. Semua orang tua pasti ingin memastikan Si Kecil tumbuh tinggi dengan maksimal. Selain faktor genetik, pertumbuhan tinggi badan yang optimal juga dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsinya. Anda harus memberikan makanan bernutrisi yang bisa memaksimalkan tinggi badan. Tenang saja, makanan-makanan tersebut lezat dan pasti disukai oleh Si Kecil. Adapun pilihan makanannya yaitu sebagai berikut:

Telur

Pilihan makanan pertama adalah telur. Makanan ini sepertinya sudah menjadi makanan sejuta umat karena harganya yang terjangkau dan mudah didapat. Telur memiliki banyak manfaat untuk tumbuh kembang, salah satunya pertumbuhan tinggi badan. Hal tersebut lantaran telur memiliki kandungan protein yang tinggi. Berdasarkan penelitian, anak yang mengkonsumsi makanan berprotein tinggi memiliki peningkatan tinggi badan lebih maksimal.

Sayuran Berdaun Hijau

Beberapa sayuran berdaun hijau yang direkomendasikan yaitu seperti kale, bayam, dan juga kubis. Makanan-makanan tersebut memiliki kandungan vitamin K yang tinggi. Bahkan bisa dikatakan jika sayuran berdaun hijau mengandung vitamin K paling banyak. Manfaat vitamin K yaitu untuk memaksimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak. Pasalnya vitamin K berperan dalam mendukung pertumbuhan tinggi badan dan juga meningkatkan kepadatan tulang.

makanan bernutrisi

Kacang Almond

Kacang almond merupakan makanan lezat yang sangat disukai oleh anak-anak. Bukan hanya itu saja, kacang almond ternyata juga termasuk makanan bernutrisi yang membantu memaksimalkan tinggi badan. Kandungan vitamin E dalam kacang almond memiliki peran penting dalam pertumbuhan. Apabila anak kekurangan vitamin E, maka pertumbuhannya bisa terhambat. Selain itu, kacang almond juga membantu menyehatkan tulang.

Daging Ayam

Salah satu nutrisi yang sangat penting dalam pertumbuhan tinggi badan adalah vitamin B12. Vitamin tersebut bisa didapatkan dengan mengonsumsi daging ayam. Selain vitamin B12, daging ayam juga memiliki kandungan asam taurine. Fungsinya untuk membentuk tulang dan memaksimalkan pertumbuhan tulang. Berikan daging ayam sesekali pada menu makanan Si Kecil.

Buah-buahan

Semua orang sudah tahu jika buah-buahan adalah makanan yang sehat dan bernutrisi. Para ahli menganjurkan anak untuk mengonsumsi buah-buahan secara rutin agar pertumbuhan tinggi badannya maksimal. Jadikan buah sebagai cemilan sehat untuk anak. Berikan buah yang beragam sehingga anak tidak merasa bosan.

Ikan Salmon

Ikan salmon merupakan jenis ikan yang baik diberikan pada Si Kecil. Pasalnya ikan ini mengandung asam lemak omega 3 yang menyehatkan. Manfaat utamanya yaitu untuk perkembangan otak dan kesehatan jantung. Selain itu, omega 3 juga berperan dalam pertumbuhan dan kesehatan tulang. Kekurangan omega 3 bisa menyebabkan kualitas tidur terganggu sehingga pertumbuhan anak juga terganggu.

Ubi Jalar

Ubi jalar memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Manfaatnya untuk memaksimalkan tumbuh kembang, termasuk dengan tinggi badan mereka. Tidak hanya untuk tinggi badan saja, ubi jalar juga memiliki kandungan lain yang penting bagi kesehatan. Salah satunya serat yang berfungsi menyehatkan pencernaan.

Itulah tujuh makanan bernutrisi yang bisa membantu memaksimalkan tinggi badan. Jangan lupa juga untuk memberikan aktivitas yang berguna sebagai stimulasi tinggi badan. Informasi lainnya bagi Anda yang bekerja di bidang pediatri dan nutrisi anak, kini ada platform profesional yang bisa Anda ikuti. Platform bernama Nutricia Professional tersebut menghimpun para ahli di bidang pediatri dan nutrisi anak. Banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan seperti ilmu pengetahuan baru, jaringan yang lebih luas, dan lain sebagainya. Daftarkan diri Anda melalui website www.nutriciaprofessional.id jika ingin bergabung bersama Nutricia Professional.