Informasi Terbaru idea2win

Berikut Gejala dan Cara Mengobatinya Mastitis

Infeksi pada payudara atau mastitis umumnya terjadi pada ibu yang sedang menyusui, ini merupakan suatu kondisi yang dapat menyebabkan peradangan dan gejala yang tidak nyaman. Berikut adalah informasi tentang penyebab, gejala dan cara mengobatinya secara alami:

Kita Mulai dari Penyebab Mastitis:

Umumnya disebabkan oleh penyumbatan saluran susu atau infeksi bakteri, berikut beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko terjadinya mastitis meliputi:

  • Pengosongan Susu yang Tidak Cukup: Penyebabnya sering terjadi ketika asi tidak dikosongkan dengan baik dari payudara, yang bisa terjadi karena bayi yang belum belajar menyusu dengan baik atau jika ibu terlalu lama tidak menyusui atau memompa susu.
  • Infeksi Bakteri: Bakteri yang masuk ke dalam saluran susu dapat menyebabkan infeksi dan peradangan.
  • Cedera atau Trauma pada Payudara: Cedera atau tekanan berlebihan pada payudara juga dapat menjadi faktor risiko.

Gejala mastitis dapat mencakup:

  • Nyeri dan pembengkakan pada satu payudara.
  • Kulit di sekitar payudara yang tampak merah dan terasa hangat saat disentuh.
  • Demam dan menggigil.
  • Rasa sakit atau ketidaknyamanan saat menyusui.
  • Terkadang, abses atau terjadi kumpulan nanah dapat terbentuk.

Cara Mengobati Mastitis Secara Alami:

Penting untuk mencari perawatan medis jika Anda mengalaminya, tetapi beberapa metode alami dapat membantu mengatasi gejala dan mendukung pemulihan Anda:

Susu Payudara yang Cukup: Pastikan bayi Anda mengosongkan payudara dengan baik saat menyusui, dengan, metode ini dapat membantu mencegah penyumbatan saluran asi.

Kompres dengan Air Hangat: Mengompres payudara dengan handuk hangat dapat membantu mengurangi rasa sakit dan meredakan peradangan, lakukan hal ini hingga beberapa kali sehari.

Istirahat dan tetap Terhidrasi: Beristirahatlah secukup mungkin dan pastikan Anda tetap terhidrasi dengan baik.

Konsumsi Makanan yang Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh: Makanan seperti buah buahan, sayuran dan makanan kaya antioksidan dapat membantu mendukung sistem kekebalan tubuh Anda selama pemulihan.

Probiotik: Meningkatkan asupan makanan kaya probiotik, seperti yogurt dapat membantu memulihkan keseimbangan bakteri di tubuh Anda.

Konsumsi Banyak Cairan: Minumlah banyak air dan cairan lainnya untuk menjaga tubuh Anda terhidrasi selama infeksi.

Berikut diatas adalah beberapa gejala dan cara mengobati mastitis yang bisa Anda lakukan, bagi Anda yang sedang merawat bayi dan memerlukan popok bayi berkualitas, kami merekomendasikan popok dari MAKUKU Air Diapers, yang mempunyai teknologi SAP dengan struktur tips dan daya serap tinggi, dapatkan popok MAKUKU di toko terdekat.