Informasi Terbaru idea2win

Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Susah Tidur

Susah tidur merupakan salah satu hal yang juga sering dialami oleh anak-anak. Anak susah tidur biasanya terjadi karena beberapa faktor penyebab. Bagi sebagian orang, mendengar hal ini mungkin akan sedikit panik, terutama bagi orangtua yang belum tahu bagaimana cara mengatasinya.

Namun Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya di sini kami akan coba jelaskan berbagai penyebab dan juga cara mengatasinya.

Penyebab Anak yang Susah Tidur

anak susah tidur

Untuk mengatasi anak yang susah tidur, pertama-tama Anda harus kenali terlebih dahulu penyebabnya. Ada beberapa penyebab yang umum mengakibatkan si kecil menjadi susah tidur. Berikut kami paparkan penyebab-penyebabnya:

  • Pola tidur si kecil yang tidak tepat.
  • Si kecil mengalami stres karena ada masalah di sekolahnya, masalah keluarga, maupun masalah pertemanan.
  • Mengalami gangguan depresi atau kecemasan.
  • Merasa takut terhadap adanya suatu kondisi ruangan tertentu, contohnya seperti ruangan kamar yang gelap.
  • Mengalami susah tidur akibat minuman yang mengandung kafein seperti teh atau kopi.
  • Mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Cara Mengatasi Anak yang Susah Tidur

Setelah mengetahui penyebabnya, barulah Anda bisa mengatasinya. Silahkan Anda sesuaikan saja dengan kondisi si kecil. Contohnya, jika si kecil merasa sedang stres, ajaklah si kecil untuk berbicara apa yang sedang mereka alami saat ini. Buatlah si kecil nyaman agar tekanan masalahnya bisa semakin ringan.

Selain itu, buatlah kamar tidur si kecil menjadi semakin nyaman. Terutama bagi anak-anak yang merasa takut pada kondisi ruangan tertentu, misalnya ruangan yang gelap. Pastikan pencahayaan ruangannya bagus, tidak terlalu terang juga tidak terlalu gelap.

Cegah juga si kecil agar tidak meminum minuman yang berkafein. Misalnya seperti teh maupun kopi. Pasalnya, minuman-minuman tersebut dapat menyebabkan si kecil susah tidur.

Anda juga bisa mengajak si kecil untuk melakukan beberapa aktivitas menarik sebelum tidur. Contohnya seperti aktivitas membaca. Karena aktivitas membaca akan membuat si kecil mudah ngantuk lalu kemudian tertidur lelap.

Itulah beberapa penyebab anak susah tidur dan juga bagaimana cara mengatasinya. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda yang saat ini tengah mengalami hal tersebut. Tujuannya agar jam tidur si kecil kembali normal seperti kebanyakan anak-anak lainnya.