Informasi Terbaru idea2win

Manfaat Kalender Kesuburan Untuk Suami Istri

Banyak pasangan yang sudah menikah memanfaatkan momen masa subur untuk mendukung program hamil maupun program penundaan kehamilan. Manfaat dari mengetahui masa subur sebenarnya sangatlah besar bagi pasangan yang sudah menikah. Namun sayangnya masih sedikit pasangan yang sudah menikah mengetahui kapan masa subur pasangannya. Hal ini dikarenakan minimnya pengetahuan yang diperoleh untuk menghitung masa subur tersebut.

Untuk mengetahui masa subur sebaiknya dimulai dengan membuat kalender kesuburan terlebih dahulu. Kalender ini berisi tentang siklus menstruasi yang dialami oleh pihak istri. Dengan mencatat secara rutin siklus menstruasi maka diperoleh data apakah siklus menstruasi berjalan normal atau tidak. Siklus menstruasi yang normal pada perempuan adalah 28 hari, namun siklus menstruasi pada masing-masing orang tidaklah sama.

Kalender Kesuburan

Sebaiknya dalam menghitung siklus menstruasi masing-masing perempuan melakukan perhitungan sendiri. Setelah mengetahui siklus menstruasi maka langkah selanjutnya adalah menghitung masa subur. Rumus menghitung masa subur secara umum (untuk siklus menstruasi normal 28 hari) adalah dengan mengambil siklus menstruasi rata-rata selama 8 bulan.

Kemudian setelah mendapatkan angka siklus menstruasi terpendek dikurangi dengan angka 18, maka hasil angka tersebut adalah perkiraan hari pertama masa subur. Selanjutnya ambil angka untuk siklus menstruasi terpanjang dan kurangi dengan angka 11, angka hasil pengurangan tersebut adalah terakhir hari untuk masa subur. Angka-angka perkiraan masa subur akan didapatkan dengan membuat kalender kesuburan.

Untuk memperkuat kevalidan perkiraan masa subur sebaiknya kamu juga didukung menggunakan alat pendeteksi kesuburan yaitu Ovutest Femometer. Alat ini bekerja dengan mengukur suhu tubuh basal tubuh, namun dalam penggunaan alat ini harus didukung dengan aplikasi Femometer yang dapat diunduh melalui Google Play. Untuk penggunaan alat ini juga sangat mudah, yaitu gunakan alat ini pada waktu yang dianjurkan, kemudian sinkronkan dengan aplikasi di ponsel kamu.

Cukup letakkan bagian sensor di bawah lidah dan tunggu sampai bunyi notifikasi alat terdengar. Data yang direkam oleh Ovutest Femometer akan direkam oleh ponsel kamu yang kemudian akan dianalisis dan hasilnya dapat kamu simpan. Demikian manfaat kalender kesuburan bagi suami istri.