Informasi Terbaru idea2win

Kelebihan dan Kekurangan Pinjaman Online

Apa yang akan kamu lakukan saat sedang membutuhkan dana dalam keadaan mendesak? Jelas satu-satunya solusi adalah dengan meminjam uang, bukan? Nah, pertanyaan berikutnya apakah uang yang akan kamu pinjam itu dapat langsung cair, sedangkan saat ini kamu sangat butuh dana cepat?

Pertanyaan-pertanyaan seperti itu dapat dijawab dengan mudah dan dengan solusi yang cukup praktis yaitu kamu dapat mengajukan pinjaman dana ke perusahaan atau lembaga pembiayaan secara online. Kamu tidak perlu pusing lagi mencari-cari, karena sekarang ini pinjaman online sangat diminati masyarakat sehingga banyak pula yang menyediakan peminjaman online tersebut. Tentu saja hal ini sangatlah membantu bagi orang yang sedang butuh dana cepat.

Sesuai dengan sebutannya, pinjaman dana online, yang merupakan jenis pinjaman yang dilakukan secara online baik melalui website atau aplikasi. Namun, meskipun dapat dilakukan dengan mudah mulai dari akses, proses pengajuan hingga cairnya dana pinjaman, tentu saja masih terdapat beberapa kekurangan dari pinjaman online yang perlu kamu jadikan pertimbangan sebelum mengajukannya. Berikut ini kelebihan dan kekurangan dari pinjaman dana online yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

butuh dana cepat
butuh dana cepat

KELEBIHAN

Dengan mengajukan pinjaman dana secara online kamu akan merasakan beberapa manfaat yang mungkin tidak akan kamu dapatkan dari pengajuan pinjaman dana secara konvensional seperti di bank.

1.Proses yang mudah

Kamu dapat mengaksesnya dimanapun kamu berada melalui ponsel dan jaringan internet, maka pengajuan pinjaman kamu bisa langsung diproses dan kamu dapat lebih banyak menghemat waktu.

2. Dana cair lebih cepat

Salah satu alasan mengapa banyak dari masyarakat lebih memilih untuk mengajukan pinjaman secara online yaitu karena dana yang diajukan dapat cair dalam waktu singkat karena tidak adanya agunan sehingga pihak pinjaman online tidak perlu menaksir harga barang jaminan. Jadi, ketika kamu sedang butuh dana cepat tidak heran jika kamu memilih untuk mengajukan pinjaman secara online.

3. Persyaratan mudah

Selanjutnya dokumen yang dijadikan persyaratan pun tidak terlalu banyak dan mudah. Umumnya, dokumen yang harus disediakan seperti KTP, NPWP, slip gaji, dan rekening tabungan. Dengan mudahnya persyaratan seperti ini maka tidak heran jika banyak yang lebih memilih mengajukan pinjaman secara online.

KEKURANGAN

Semudah dan sebaik apapun suatu hal, pasti sesedikitnya terdapat celah juga. Meskipun memiliki banyak kelebihan, pinjaman online pun jelas memiliki kekurangan seperti berikut ini.

1.Sistem bunga harian

Pada umumnya pinjaman online menerapkan sistem perhitungan bunga harian. Jadi, jika kita mengambil masa tenor yang singkat, maka bunga yang dibebankan pun tidak terlalu besar. Begitu juga jika mengambil masa tenor yang cukup lama, maka bunga yang dibebankan akan lebih besar.

2. Plafon kecil

Plafon yang diberikan oleh pinjaman online biasanya jumlahnya relatif kecil yaitu maksimal mulai dari Rp 20 juta hingga Rp 30 juta saja. Berbeda dengan plafon yang diberikan oleh bank, kamu bisa mendapatkan dana hinggar Rp 500 juta. Dan, pinjaman online bisa memberikan kamu dana minimal sebesar Rp 1 juta.

3. Tenor singkat

Akan ada baiknya sebelum mengajukan pinjaman ke pinjaman online, kamu harus memperhitungkan terlebih dahulu masa tenor yang akan kamu ambil dan sesuaikan dengan kemampuan kamu dalam membayar cicilan tiap bulannya. Karena hal ini dapat mempengaruhi jumlah bunga yang dibebankan. Semakin lama tenor yang kamu ambil maka semakin besar pula bunga yang akan dibebankan.