Informasi Terbaru idea2win

Cara Mengatasi Sakit Perut Pada Anak dengan Bahan Alami yang Aman

Sakit perut pada anak bisa terjadi karena banyak hal seperti salah makan, alergi makanan, stres, hingga gangguan pencernaan. Apabila tidak segera diatasi maka hal tersebut akan berdampak buruk pada tumbuh kembangnya. Pasalnya anak yang mengalami sakit perut biasanya lebih susah makan, memiliki suasana hati yang buruk, serta mengalami gangguan tidur. 

Tidak harus dengan datang ke dokter, ada cara mengatasi sakit perut pada anak yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Cara ini aman karena menggunakan bahan alami yang bisa ditemukan dengan mudah. Langsung saja berikut ini cara mengatasi sakit perut dengan bahan alami yang bisa Anda ikuti:

Teh Chamomile

Teh chamomile merupakan teh herbal yang mampu membantu meredakan rasa sakit pada perut si Kecil. Tidak hanya anak-anak saja, banyak juga orang dewasa yang menggunakan teh herbal ini untuk membuat perut terasa lebih nyaman. Pasalnya teh ini memiliki sifat anti inflamasi sehingga mampu mengurangi rasa sakit atau rasa kurang nyaman di perut.

cara mengatasi sakit perut pada anak
cara mengatasi sakit perut pada anak

Kompres Air Hangat 

Mengompres menggunakan air hangat merupakan cara mengobati sakit perut pada anak yang paling aman untuk dilakukan. Tidak akan ada efek samping apapun yang dirasakan oleh si Kecil ketika menggunakan cara ini. Namun Anda perlu memperhatikan suhu air yang akan dipakai. Pastikan untuk menggunakan suhu yang hangat bukan yang panas agar mereka mampu merasa nyaman.

Air Lemon Hangat

Air lemon hangat memiliki sifat asam yang membantu anak lebih mudah dalam mencerna makanan. Jadi makanan yang ada di dalam tubuh bisa lebih mudah bergerak saat melalui sistem pencernaan. Peras setengah buah lemon ke dalam segelas air hangat. Agar si Kecil tidak merasa terlalu asam, Anda bisa menambahkan madu sebagai pemanis.

Air Tajin

Air tajin merupakan air sisa yang didapatkan saat menanak nasi. Salah satu khasiatnya yaitu dapat mengobati sakit perut. Pasalnya air ini ternyata mampu melindungi perut dan mengurangi peradangan. Tambahkan madu agar air tajin terasa lebih manis. Pastikan si Kecil tidak alergi ketika mengonsumsinya.

Yogurt

Cara mengatasi sakit perut pada anak selanjutnya adalah dengan yogurt. Makanan sehat yang terbuat dari bahan dasar susu ini mampu mengurangi rasa sakit di perut karena memiliki kandungan probiotik yang tinggi. Selain untuk mengatasi sakit perut, yogurt juga berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak. Anda bisa langsung memberikan makanan ini untuk si Kecil agar rasa sakitnya bisa mereda.

Buah Pepaya

Pepaya merupakan buah yang manis dan lezat dengan sejuta manfaat untuk kesehatan. Apabila memiliki buah pepaya di kulkas, Anda bisa memanfaatkannya untuk meredakan rasa sakit perut si Kecil. Terutama jika sakit perut yang diderita anak disebabkan oleh konstipasi atau sembelit, buah ini akan sangat manjur. Kandungan chymopapain dan papain bisa menurunkan tingkat keasaman di perut.

Jahe

Bahan alami terakhir yang bisa digunakan untuk mengobati sakit perut adalah jahe. Kandungan antioksidan pada jahe mampu mengurangi pembentukan radikal bebas dan kerusakan karena infeksi perut. Disamping itu, jahe juga bisa membantu mengobati mual ketika si Kecil sakit perut. Buatkan teh jahe kemudian berikan pada anak agar meminumnya.

Itulah cara mengatasi sakit perut pada anak dengan bahan alami yang bisa Anda pilih. Apabila setelah pengobatan si Kecil tidak menunjukkan tanda-tanda sembuh atau sakit perut semakin terasa, sebaiknya segera bawa langsung ke dokter. Dokter akan memberikan saran terbaik untuk membantu kesembuhan Buah Hati.