Informasi Terbaru idea2win

5 Pertimbangan Penting Sebelum Deposito & Simak Manfaat Kalkulator Deposito

Deposito merupakan salah satu produk keuangan yang dikeluarkan oleh bank tertentu. Jenis produk keuangan ini cocok untuk Anda memiliki uang lebih dan ingin menyimpannya untuk jangka waktu tertentu. Menyimpan uang dengan cara deposito akan jauh lebih aman jika dibandingkan dengan tabungan karena Anda tidak dapat menggunakan sewaktu-waktu. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir menggunakan uang tersebut untuk hal yang tidak terlalu penting. Di dalam deposito terdapat istilah kalkulator deposito. Kalkulator tersebut merupakan sebuah metode yang akan digunakan untuk menghitung besar bunga deposito dari uang yang Anda depositokan.

5 Pertimbangan Penting Sebelum Deposito

Sebelum memutuskan untuk melakukan deposito, Anda perlu melakukan beberapa pertimbangan. Hal ini sangat penting mengingat jumlah uang yang didepositokan bisanya dalam jumlah yang cukup besar. 

kalkulator deposito
kalkulkalkulator depositoor deposito

Reputasi Bank

Setiap bank biasanya memiliki produk keuangan berupa deposito. Namun, dari sekian banyak bank yang Anda tahu pilihlah bank yang memiliki reputasi bagus. Cara untuk mengetahui reputasi bank tersebut dapat Anda lihat dari pantauan kesehatan keuangan bank tersebut yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia (BI). Jika Anda ingin merasa lebih aman lagi maka Anda bisa memilih bank pemerintah.

Menawarkan Suku Bunga Yang Tinggi

Sebelum memutuskan berdeposito Anda perlu melakukan survey terlebih dahulu. Kumpulkan informasi dari beberapa bank mengenai penawar suku bunga yang akan Anda dapatkan. Sebaiknya, Anda memilih bank yang menawarkan suku bunga tinggi karena akan menguntung bagi Anda. Namun demikian, Anda juga tetap harus memperhatikan reputasi bank tersebut.

Bank Pelayanan Luas & Praktis

Hal yang tidak kalah penting dalam memilih bank untuk berdeposito yaitu memilih bank yang memiliki jangkauan pelayanan yang luas. Selain itu, pastikan bank tersebut dapat melanyan dengan praktis sehingga dapat menghemat waktu Anda. Umumnya, Bank-bank yang memiliki pelayanan luas adalah bank yang telah mempunyai banyak nasabah dan terbukti memiliki reputasi yang baik.

Jika Anda sudah menemukan bank yang sesuai dengan kebutuhan Anda maka bacalah dengan teliti dan hati-hati semua persyaratan yang diajukan. Hal ini dikarenakan kebijakan yang dibuat oleh setiap berbeda dengan yang lainnya.

Pilih Jangka Waktu Sesuai Kebutuhan

Deposito memang menjadi pilihan terbaik untuk menyimpan uang agar jumlahnya tidak berkurang. Anda harus memahami terlebih dahulu jangka waktu penyimpanan deposito sebelum mendepositokan uang Anda. Hal ini dikarenakan Anda hanya boleh mengambil uang tersebut jika tanggal jatuh tempo tiba.

Sebaiknya, Anda tidak dapat mengambil uang tersebut jiks sewaktu-waktu memerlukannya karena ada kebutuhan yang tidak terduga. Anda dapat mencoba deposito jangka pendek mulai dari 1-6 bulan. Namun, jika Anda sudah memiliki dana darurat makan bisa memilih deposito jangka panjang 1-2 tahun.

Biaya Lain-lain

Anda juga perlu mencari informasi biaya lain-lain yang mungkin harus Anda bayarkan. Biaya tersebut meliput penalty jika Anda mencairkan sebelum jatuh tempo. Biaya lainnya yang harus Anda ketahui yaitu biaya pajak dari suku bunga yang Anda dapatkan serta biaya administrasi bulanan.

Bank Sinarmas

Kabar baik untuk semua nasabah bank Sinarmas karena Anda dapat melakukan deposito secara online. Caranya sangat mudah yaitu hanya perlu mengunduh aplikasi Simobi lalu isi formulir yang tersedia. Deposito online sangat terjangkau karena Anda dapat melakukan deposito mulai dari Rp. 500.000. Jangka waktu deposito juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jangka waktu deposito pendek yaitu mulai dari 1, 3, 6 hingga 12 bulan. Sedangkan untuk jangka panjang Anda dapat memilih mulai dari 12, 24, dan 36 bulan.

Salah satu layanan yang dapat Anda gunakan dari aplikasi tersebut adalah deposito online. Persyaratan yang diberikan pun cukup mudah yaitu Anda harus menjadi nasabah terlebih dahulu dan mengisi formulir pada aplikasi tersebut. Nominal minimal untuk deposito online ini yaitu mulai dari Rp. 500.000. Selain itu, Anda juga dapat memilih jangka waktu sesuai dengan kebutuhan Anda.