Informasi Terbaru idea2win

Pertimbangan Tempat Sebelum Membeli Perhiasan Berlian

Sebagai salah satu perhiasan yang langka, mewah, dan mahal, berlian menjadi perhiasan yang banyak dicari, dari itu dalam memilihnya pun jangan asal-asalan karena untuk batu mulia seperti berlian selain bisa dijadikan sebagai perhiasan sekaligus juga bisa menjadi investasi untuk masa depan. Untuk berlian sekarang juga banyak yang memiliki model dan desain terbaru sehingga sangat cocok dijadikan sebagai perhiasan berlian yang mewah dan elegan.

Tampilan dengan memakai perhiasan berlian juga bisa membuat siapa saja jadi terpesona sehingga perhiasan ini banyak menjadi idola atau favorit para wanita. Perhiasan berlian wanita sendiri bisa dipilih yang terbaik dan berkualitas tentunya dengan mempertimbangkan berbagai hal sebelum membelinya. Untuk pertimbangan tepat dalam membeli perhiasan yang bertaburkan berlian, berikut ini kami tuliskan beberapa diantaranya untuk anda.

perhiasan berlian
perhiasan berlian
  1. Potongan pada berlian (cut). Potongan pada berlian menjadi hal utama yang harus dipertimbangakan dalam perhiasan berlian. Hal ini karena potongan pada berlian akan menentukan kilau dan pantulan cahayanya, yang pada akhirnya tentu berpengaruh pada harga yang ditawarkan. Potongan yang salah pada berlian bisa membuatnya rusak dan warnanya juga tidak bagus. Padahal untuk potongan berlian yang terpenting yaitu kecemerlangan yang dihasilkan karena bisa jadi potongan berlian kecil yang bagus akan lebih mahal dibandingkan dengan berlian besar akan tetapi salah potong. Tingkatan kualitas dari potongan berlian sendiri bisa masuk kepada tingkatan excellent, very good, good, fair, dan poor.
  2. Warna pada berlian (colour). Warna pada berlian juga turut berpengaruh pada keindahan dan harga berlian. Warna berlian bisa muncul karena adanya zat-zat yang turut bercampur saat proses pembentukan berlian, warna yang muncul tidak hanya bening tetapi juga bisa berwarna kekuningan, kristal yang kecoklatan, dan yang lainnya. Adanya berbagai warna ini menjadikan berlian yang jernih digolongkan sebagai batu berlian yang langka dengan harga yang tinggi. Menurut GIA (Gemological Institute of America) penggolongan warna pada berlian ini terbagi dalam skala dari D sampai Z. Tingkatan warna berlian yang tertinggi dengan warna paling sedikit masuk dalam skala D, sedangkan untuk Z merupakan skala terendah karena jejak warna pada berlian yang sangat banyak.   
  3. Carat. Hitungan pada berlian atau batu permata lainnya diukur tidak berdasarkan volume melainkan berat. Untuk pengukurannya yaitu karat yang merupakan massa satuan yang setara dengan 0,2 gram (200 mg). Penghitungan karat antara berlian dengan perhiasan lainnya seperti emas berbeda, seperti hitungan 24 karat emas murni sedangkan pada berlian 18K adalah 18 bagian emas dan 6 bagian logam campuran lainnya. Semakin besar bentuk berlian maka akan semakin tinggi pula karat nya dan hal ini berbanding dengan harganya yang juga semakin tinggi. Walaupun begitu untuk penentuan kualitas juga tetap mempertimbangkan akan warna dan potongannya.
  4. Kejernihan (clarity). Kejernihan pada berlian selain bisa dilihat langsung biasanya dilakukan juga dengan menggunakan alat tertentu. Adanya cacat pada kejernihan berlian bisa membuat harganya turun, karena cacat yang ada pada berlian mempengaruhi keindahannya. Cacat yang ada biasanya berupa titik, goresan atau bisa juga berupa gelembung air. Cacat yang semakin besar pada berlian bisa membuat kualitasnya semakin menurun. Untuk standar kejernihan juga memiliki standar dari GIA yaitu yang tertinggi FL (flawless), dan IF (internally flawless). Sedangkan untuk tingkatan yang lebih rendah yaitu VVS (very very Slightly Included), VS (very Slightly Included) dan I (Included).

Mengetahui bagaimana kualitas terbaik dari perhiasan berlian untuk lebih jelasnya bisa langsung mengunjungi toko perhiasan Mondial. Disini selain tersedia koleksi perhiasan berlian terbaik secara lengkap sekaligus juga bisa belajar dalam membedakan dan memilih perhiasan berlian terbaik dan berkualitas.