Informasi Terbaru idea2win

Apa Maksud F-VVS Pada Kalung Berlian Berkualitas?

Kalung berlian menjadi salah satu aksesoris yang sering dikoleksi para wanita. Ketika akan membeli kalung berlian, Anda pasti melihat istilah F-VVS. Apa sebenarnya F-VVS pada kalung berlian berkualitas tersebut? Keduanya adalah kode untuk menentukan kualitas warna dan kejernihan berlian. Kode F adalah kualitas warna, sedangkan kode VVS adalah kualitas kejernihan. F-VVS termasuk kalung berlian yang berkualitas. Selain kode tersebut, ada juga kode lain yang mungkin Anda temukan, tergantung kualitas warna dan kejernihannya.

Tingkatan Warna Pada Berlian Putih

Berikut ini adalah tingkatan warna pada berlian putih:

  1. Colorless (D-F)

Tingkatan kualitas warna paling atas adalah D-F yang dikenal dengan berlian colorless. Karena berada di tingkatan paling tinggi, maka harganya juga paling mahal. Berlian colorless cocok dipadukan dengan semua jenis logam. 

  1. Near Colorless (G-J)

Satu tingkat di bawahnya adalah near colorless dengan kode mulia dari G-J. Ternyata berlian yang masuk ke tingkatan ini juga termasuk berlian berkualitas. Warnanya masih jernih sehingga dikenal dengan istilah near colorless. Apalagi jika tingkatannya G-H, maka terlihat sangat mirip dengan berlian D-F.

kalung berlian berkualitas
  1. Faint (K-M)

Ketika masuk ke tingkatan faint dengan kode K-M, berlian sudah memiliki sedikit warna kekuningan. Warna tersebut bisa Anda lihat ketika melihat berlian dari bagian atas. Berlian kode K-M paling cocok dipasangkan dengan emas kuning untuk menyamarkan warnanya.

  1. Very Light (N-R)

Tingkatan kedua paling bawah adalah very light dengan kode N-R. Warna kekuningan pada berlian semakin terlihat. Hanya emas kuning dan logam dengan warna sama saja yang cocok karena kuning pada berlian lebih jelas.

  1. Light (S-Z)

Light dengan kode S-Z adalah tingkatan warna paling buruk. Sebaiknya hindari berlian dengan warna tersebut. Pasalnya warna kuning yang muncul terlihat jelas, bahkan dengan mata telanjang sekalipun.

Tingkatan Kejernihan Pada Berlian Putih

Sedangkan tingkatan kejernihan (clarity) pada berlian putih yaitu:

  1. Flawless (FL)

Tingkatan kejernihan paling tinggi adalah flawless yang memiliki kode FL. Berlian mendapatkan predikat FL apabila tidak memiliki inklusi ataupun noda di bagian internal dan eksternal. Berlian ini sangat langka dan harganya mahal, kurang dari 1% saja di dunia. 

  1. Internally Flawless (IF)

Satu tingkat di bawahnya adalah internally flawless yang memiliki kode IF. Tingkatan ini memiliki sedikit noda, namun tidak terlihat oleh mata telanjang. Hanya dengan pembesaran 10 kali saja noda bisa terlihat. Namun jika ada inklusi, berlian akan masuk ke tingkatan bawahnya.

  1. Very, Very Slightly Included (VVS)

Kode VVS pasti sering Anda temukan ketika akan membeli kalung. Hal ini lantaran FL dan IF harganya sangat mahal. Sedangkan VVS lebih terjangkau dengan kualitas yang masih sangat baik. Berlian VVS memiliki inklusi namun hanya terlihat setelah dilakukan perbesaran 10 kali. 

  1. Very Slightly Included (VS)

Kode VS memiliki inklusi namun sangat kecil. Inklusi pada VS ternyata masih belum bisa dilihat oleh mata telanjang. Dibutuhkan perbesaran dengan mikroskop di bawah 10 kali. Namun inklusi yang ada mudah dilihat oleh grader profesional, sedangkan VVS tidak.

  1. Slightly Included (SI)

Berlian SI memiliki inklusi yang mudah ditemukan, bahkan dengan perbesaran di bawah 10 kali. Terkadang noda atau inklusinya masih terlalu kecil untuk dilihat mata telanjang.

  1. Included (I)

Tingkatan paling rendah pada kualitas kejernihan adalah included atau I. Inklusi dan noda sangat terlihat jelas. Akibatnya kecemerlangan dan penampilan berlian menjadi kurang bagus.

Itulah pembahasan mengenai F-VVS yang mungkin Anda temukan saat akan membeli kalung berlian berkualitas. Jika ingin menambah koleksi kalung yang berkualitas, The Palace adalah toko perhiasan yang tepat. Banyak sekali kalung yang tersedia dengan kualitas beragam, bukan hanya F-VVS saja. Anda bisa melihat koleksinya di gerai terdekat atau website www.thepalacejeweler.com