Informasi Terbaru idea2win

3 Menu Masakan Indonesia Yang Mendunia

Makanan merupakan sebuah kebutuhan manusia yang bukan hanya penting tapi juga perlu seni dan juga tidak bisa dinantikan. Setiap daerah di Dunia ini memiliki berbagai jenis makanan yang disesuaikan dengan kebiasaan dari kultur dan budaya daerah itu sendiri. Begitu juga di Indonesia, dimana ada banyak jenis masakan Indonesia yang menjadi ciri khas masyarakat. 

Hampir di setiap daerah memiliki ciri khas masakan dan bahkan menjadi ikon daerah tersebut. Ada banyak juga menu masakan Indonesia yang sudah mendunia dan disukai oleh masyarakat sampai ke luar negeri. Beberapa diantaranya yaitu masakan Padang, Jawa, ataupun masakan Sunda, serta berbagai masakan Indonesia lainnya yang sudah go Internasional.

Di Indonesia memang ada banyak daerah yang terkenal akan masakannya seperti yang telah disebutkan, bahkan dari masing-masing masakan memiliki cita rasa yang berbeda ataupun umumnya disebut sebagai ciri khas serta makanan andalan seperti :

  1. Masakan Padang

Daerah Padang yang terletak di sebelah Barat Indonesia atau pun tepatnya di pulau Sumatera ini sangat terkenal akan makanannya. Hampir di setiap daerah di Indonesia ada Rumah makan Padang yang menyajikan berbagai menu khas daerah tersebut. Salah satu ciri khas dari makanan Padang adalah rasa pedas dalam berbagai masakannya. Namun dari sekian banyak menu yang disajikan, rendang adalah menu favorit yang banyak disukai dan menjadi ikon dari masakan padang.

  1. Masakan Sunda

Daerah Jawa Barat adalah salah satu daerah di Indonesia yang kaya akan kulinernya. Ada banyak makanan baik yang rasanya manis ataupun asin yang dihidangkan secara istimewa di rumah makan Sunda. Namun yang menjadi ciri khas dari makanan asli Jawa Barat ini yaitu dari sambelnya yang beragam dan memiliki rasa yang sangat nikmat sekali.

  1. Masakan Jawa

Daerah Jawa Tengah juga tak mau kalah dalam hal kuliner. Daerah yang paling terkenal akan kulinernya adalah kota-kota besar seperti Yogyakarta. Di daerah ini selain rasa masakannya yang lezat dan nikmat, juga harganya yang sangat murah sekali. Gudeg adalah makanan khas dari Yogyakarta yang terkenal.

Sebenarnya masih banyak menu masakan Indonesia lainnya yang tak kalah hebat dan nikmat dari ketiga masakan di atas.