Informasi Terbaru idea2win

Universitas Indonesia Sebagai Universitas Terbaik di Indonesia

Kuliah di perguruan tinggi negeri terbaik menjadi impian setiap pelajar. Sebelum menentukan pilihannya, mereka akan mencari berbagai macam info sesuai dengan jurusan yang diinginkan. Reputasi tempat kuliah memberikan kebanggaan tersendiri bagi alumninya dan mempengaruhi dalam prospek kerja ke depannya.

Banyaknya peminat yang menginginkan sekolah di universitas terbaik di Indonesia tidak sebanding dengan daya tampung universitas itu sendiri. Oleh sebab itu setiap tahunnya diadakan proses seleksi perguruan tinggi negeri untuk menyaring orang – orang yang benar – benar kredibel untuk kuliah di universitas negeri terbaik di Indonesia.

universitas terbaik

Setiap tahunnya universitas – universitas negeri mengembangkan dan terus memperbaiki kualitas universitas untuk menjadi yang terbaik. Tahun 2017 ini Universitas Indonesia sebagai universitas terbaik di Indonesia versi pemeringkatan Quacquarelli Symonds (QS) World University. Dengan kata lain universitas indonesia sebagai kampus terbaik selama 6 tahun berturut – turut menurut QS World University.

Karena berdasarkan survey yang dilakukan oleh mereka, bahwa lulusan UI dianggap inovatif, kompetetif, serta efektif dalam berekerja dan bisa mengimplementasikan keilmuannya dalam pekerjaan.  Selain itu, kampus UI pun berada di posisi ke 277 dunia yang sebelumnya menempati peringkat ke 325 menurut QS World University.

QS World University merupakan proses pemeringkatan seluruh universitas – universitas di dunia yang rutin dilakukan oleh Quacquarelli Symonds yang merupakan perusahaan Inggris yang bergerak di bidang pendidikan. Pemeringkatan unversitas – universitas d dunia ini sering kali menjadi rujukan dan menjadi acuan oleh Kemenristekdikti menentukan sumber acuan kualitas universitas – universiatas di Indonesia.

Pada tahun 2017 ini QS mengukur kualitas lebih dari 959 universitas di seluruh dunia dengan menggunakan enam indikator berupa reputasi akademik dengan presentasi 40%, reputasi lulusan dengan presenasi 10%, rasio fakultas per mahasiswa sebesar 20% yang mengukur bagian penunjang kegiatan mengajar di suatu universitas, serta mengukur jumlah publikasi ilmiah oleh para akadeik di universitas tersebut sebesar 20%. Selanjutnya kelas internasional sebesar 5% dan mahasiswa internasional sebesar 5%. Dari hal – hal itulah kampus UI diukur dan menjadi universitas terbaik di Indonesia.