Informasi Terbaru idea2win

Tips Menjaga Kesehatan Tubuh di Musim Pancaroba

Menjaga kesehatan tubuh itu penting, apalagi di musim pancaroba seperti sekarang ini. Di sini kami Jelaskan beberapa tips agar tubuh tetap sehat Meskipun cuaca tak menentu.Musim seperti sekarang yang selalu berubah-ubah, menjadi salah satu faktor terjadinya gangguan kesehatan tubuh. Agar mengalami kondisi kesehatan yang menurun saat musim pancaroba ini, Anda harus benar-benar mengetahui bagaimana cara menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit dan selalu sehat. 

Di bawah ini kami berikan tips menjaga kesehatan tubuh di musim pancaroba yang bisa menjadi referensi buat Anda dan keluarga.

1. Rajin cuci tangan

Ajak seluruh anggota keluarga anda untuk selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah makan. Tidak lupa juga mencuci tangan sebelum tidur. Terapkan kebiasaan rajin cuci tangan ini kepada seluruh anggota keluarga khususnya si kecil.

Dengan mencuci tangan, kuman dan bakteri yang menempel akan hilang dan tubuh pun bisa tetap sehat.

2. Cukupi asupan mineral

Salah satu asupan mineral yang baik untuk tubuh, yaitu minum air putih setiap hari dengan takaran 18 atau 2 liter per hari. Dengan mengonsumsi air putih, tubuh akan terhidrasi dengan baik, sehingga proses pencernaan bisa berfungsi secara maksimal.

Kandungan mineral dari air putih sendiri mampu meningkatkan metabolisme tubuh dan mencegah infeksi lainnya. 

3. Lakukan olahraga secara rutin

Ajaklah seluruh anggota keluarga untuk melakukan olahraga minimal 30 menit setiap harinya. Dengan berolahraga, pembakaran kalori di dalam tubuh akan berjalan secara optimal dan dapat menjaga kesehatan serta kebugaran tubuh itu sendiri. 

Tidak perlu melakukan gerakan yang terlalu capek, cukup dengan pergerakan ringan saja. Bahkan, bagi ibu rumah tangga, membersihkan lingkungan dan seisi rumah merupakan salah satu aktivitas yang nilainya sama dengan olahraga.

4. Konsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna

Tubuh yang sehat bisa didapatkan dengan mengonsumsi jenis makanan makanan yang sehat. Mungkin sudah tidak asing lagi dengan makanan 4 sehat 5 sempurna, bukan? Nasi, sayur, lauk pauk, buah-buahan, dan susu adalah formulasi dari makanan 4 sehat 5 sempurna. 

Beberapa makanan diatas tadi mengandung sumber protein, karbohidrat, vitamin, dan mineral yang mampu menjaga kesehatan tubuh secara optimal.