Informasi Terbaru idea2win

Intip Model Gelang Berlian Indah Wanita India

Setiap negara pasti memiliki tradisi dan kebudayaan yang berbeda-beda, begitupun dengan berbagai model perhiasan yang dimiliki. Seperti misalnya India yang memiliki identitas budaya yang begitu kuat di mata dunia. Diantara berbagai tren fashion dan perhiasan, ternyata ada satu yang menyita begitu banyak perhatian dunia, yaitu model gelang berlian

yang hampir selalu dikenakan oleh para wanita di seluruh India. Mengapa para wanita India gemar mengenakan gelang seperti itu? Kira-kira apa arti dan maknanya? Agar tak penasaran, mari kita simak penjelasan selengkapnya berikut ini. 

India negara penggemar gelang 

model gelang berlian
model gelang berlian

Ternyata, India memiliki sebuah tradisi unik di mana hampir semua orang diharuskan menggunakan gelang di tangan mereka, baik itu perempuan ataupun laki-laki. Namun yang membedakan adalah, gelang para wanita di India lebih terlihat mencolok dengan ukiran dan mata berlian yang dimiliki. Gelang wanita India ini bahkan telah menjadi tren dunia bagi para pecinta perhiasan. 

Faktanya, penggunaan gelang di India memiliki masing-masing arti di setiap fase kehidupan mereka. Sebagai contoh, jika seorang bayi baru lahir maka ia akan diberikan gelang khusus, saat ulang tahun dia kembali akan diberikan gelang baru, begitupun saat pernikahan, hingga saat seorang wanita menjadi seorang ibu , dan masih banyak lagi. 

Makna penggunaan gelang bagi wanita India 

Jika tadi kita sudah berbicara mengenai penggunaan gelang bagi masyarakat India secara umum, maka kini kita akan membahas secara spesifik tentang apa makna penggunaan gelang dengan jenis bangle bagi wanita di India. Jika dilihat secara sekilas, penggunaan gelang bagi wanita India dinilai untuk menunjukkan sisi feminin serta keindahan wanita India. 

Bahan gelang tersebut pun ternyata beragam. Mulai dari emas,perak, hingga berlian semuanya dikenakan oleh berbagai macam wanita India. Apakah gelang bagi wanita India juga sebagai perlambang status sosial seperti perhiasan pada umumnya?

Saat menikah, wanita India akan mengenakan model gelang berlian berbalut emas, yang telah lama menjadi tren bagi masyarakat India sebagai perlambang kesucian hubungan, serta kekayaan yang akan meliputi pernikahan tersebut. Tak hanya itu, gelang emas bagi wanita India juga sebagai perlambang kemakmuran bagi keluarganya, sehingga tak jarang mereka tidak pernah melepas gelang tersebut, bahkan saat tidur ataupun mandi. 

Sementara itu, disisi lain, gelang wanita India juga sebagai perlambang keberuntungan serta keselamatan bagi suaminya. Banyak masyarakat India yang percaya jika seorang wanita melepas gelang tersebut sebelum sang suami meninggal, maka akan terjadi hal buruk yang akan menimpa sang suami. Dengan kata lain, seorang istri tidak boleh melepas gelang berlian atau gelang emas mereka hingga nanti saat upacara pemakaman suaminya. 

Dan berikut adalah beberapa arti dan makna lainnya dari penggunaan gelang bagi wanita India berdasarkan warna pembuatannya, antara lain: 

  • warna emas, untuk keberuntungan
  • warna perak, untuk kekuatan
  • warna hitam, untuk Kekuatan
  • warna putih, untuk sesuatu awal yang baru
  • warna orange,  untuk kesuksesan / keberhasilan
  • warna kuning, untuk kebahagiaan
  • warna hijau, untuk keberuntungan / pernikahan
  • warna ungu, untuk kemandirian / kemerdekaan
  • warna biru, untuk  Kebijaksanaan
  • warna merah, untuk  Energi

Itulah tadi beberapa penjelasan mengenai arti dan makna model gelang berlian wanita India yang ternyata menjadi tren tersendiri bagi fashion dunia saat ini. Indonesia pun ternyata tak mau kalah dari India, dengan memperkenalkan perhiasan tradisional Indonesia yang di modernisasi sedemikian rupa oleh The Palace Jeweler lewat koleksi “Nusantara” mereka. 

Penasaran seperti apa tren perhiasan nusantara tersebut? silahkan kunjungi website nya di www.thepalacejeweler.com atau klik link berikut ini https://thepalacejeweler.com/product-category/seri-nusa/ 

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!