Informasi Terbaru idea2win

6 Alasan Pilih Kuliah D3 Dan Program Ekstensi D3 Ke S1

Pernahkah Anda merasa bahwa diri Anda tidak tertarik dengan berbagai hal perkuliahan yang terlalu banyak teori? Pernahkah Anda merasa bahwa Anda adalah orang yang membutuhkan kebebasan untuk menata masa depan? Jika ya, maka Anda termasuk orang kreatif yang cocok untuk mengikuti perkuliahan diploma (D3) hingga menuju program ekstensi D3 ke S1

Lantas, mengapa kuliah diploma ini sangat cocok bagi orang-orang kreatif? Tanpa perlu berbasa basi lagi, berikut IDS Digital College akan membagikan informasi selengkapnya hanya untuk Anda, antara lain: 

1. Tidak membutuhkan waktu lama

program ekstensi d3 ke s1
program ekstensi d3 ke s1

Seperti kita ketahui orang-orang kreatif biasanya tidak mau dibebani dengan kegiatan yang banyak teori dan terikat dalam sebuah kegiatan tatap muka. Berbeda dengan di S1, maka kuliah D3 membutuhkan waktu yang lebih sedikit, yakni hanya sekitar 2,5 tahun saja. Dengan begini,membuat mahasiswanya lebih peka terhadap kegiatan lapangan dan menjadi tenaga yang siap pakai. 

2. Lebih berfokus pada hal yang spesifik 

Orang kreatif kadangkala memiliki sisi idealismenya sendiri. Maka dari itu, mereka selalu mengambil jurusan perkuliahan yang sesuai dengan minat dan passion mereka, dan bukan berfokus pada pemilihan kampus yang ternama atau tidak. Untuk itu, kuliah D3 sangat cocok bagi orang kreatif karena memiliki berbagai jurusan yang lebih spesifik dibandingkan dengan S1, seperti halnya broadcasting, fashion design, dan masih banyak lagi. 

3. Lebih banyak praktik lapangan 

Inilah salah satu yang disukai oleh orang-orang kreatif, yakni langsung terjun ke lapangan dan mendapatkan banyak pengelaman. Konsep seperti inilah yang ditawarkan oleh kuliah D3 dimana porsi belajar teori akan lebih sedikit dibandingkan dengan praktiknya. 

4. Memiliki pengajar seorang praktisi bukan sekedar akademisi saja 

Kebanyakan dosen di jenjang S1 adalah seorang akademisi yang berarti ia lebih mengedepankan banyak teori berdasarkan literasi. Namun berbeda dengan D3 dimana dosen ataupun pengajarnya biasanya dari kalangan praktisi yang sudah berpengalaman dan malang melintang sesuai jurusan yang ia ajarkan. Dengan begini, ilmu yang didapat merupakan ilmu lapangan bagi para calon pekerja siap pakai. 

5. Memiliki jenjang karir yang menjanjikan 

Banyak orang salah paham dengan kuliah D3 ini, dimana kebanyakan orang mengatakan bahwa lulusan D3 hanya akan menjadi bawahan S1. Padahal kenyataannya, lulusan D3 juga memiliki jenjang karir yang menjanjikan. Namun, memang untuk mencapai posisi seperti manajerial, Anda diharuskan untuk mengikuti program ekstensi D3 ke S1. Namun bukan berarti posisi lulusan D3 tidak menjanjikan, karena jurusannya lebih terkonsentrasi dan minim pesaing. 

6. Para lulusan D3 lebih percaya diri 

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa para lulusan D3 ini memiliki ilmu lapangan yang siap pakai, sehingga dapat dipastikan bahwa mereka akan lebih percaya diri untuk memasuki dunia pekerjaan. Apalagi jika Anda adalah orang yang kreatif, maka hanya masalah waktu hingga Anda dipanggil oleh perusahaan ternama yang ingin Anda bekerja dengannya. 

Jadi, bagi Anda yang baru lulus SMA dan memiliki jiwa kreatif, maka tak ada salahnya untuk mengikuti perkuliahan D3 yang nantinya bisa mengikuti program ekstensi D3 ke S1. Jika Anda tertarik dengan dunia digital, seperti teknik informatika, pemograman, dan lain sebagainya maka Anda bisa mengikuti perkuliahan di IDS Digital College. Disini, Anda pun akan ditempah menjadi pribadi yang tangguh dan memiliki ketrampilan.

Untuk informasi selanjutnya, Anda bisa langsung mengunjungi website. www.ids.ac.id sekarang juga dan temukan berbagai program yang sesuai untuk Anda. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!