Informasi Terbaru idea2win

Yuk Kenalan Dengan Uang Elektronik dari Bank Danamon

Pembayaran non tunai saat ini sudah menjadi pilihan bagi sebagian masyarakat. Hal ini karenakan dianggap lebih cashless. Pembayaran non tunai biasanya menggunakan uang elektronik atau e-money. Pembayaran menggunakan e-money membuat masyarakat tidak lagi direpotkan dengan membawa uang tunai dalam jumlah yang banyak. Masyarakat hanya butuh kartu dan smartphone saja.

Apa yang dimaksud dengan Uang Elektronik atau e-money?

E-money dikenal oleh masyarakat luas sebagai alat pembayaran non tunai. E-money biasanya berbentuk chip yang ditanam, misalnya pada kartu atau media lain. Sehingga e-money menggunakan chip based. Bentuk e-money dari Bank Danamon yaitu Danamon Flazz yang bisa digunakan sehari-hari. Misalnya untuk pembayaran jalan tol, pembelian di gerai ritel dan sebagainya.

uang elektronik
uang elektronik

Pada e-money pengisian saldo maksimal yaitu Rp. 1 juta. E-money tidak memiliki fitur keamanan yang berupa aktivasi nomor ponsel seperti pin.

Kelebihan E-Money

Berikut ini beberapa kelebihan dari e-money yaitu:

  1. Memudahkan pembayaran non tunai, sehingga lebih aman, sebab nasabah tidak perlu membawa banyak uang tunai kemana-mana.
  2. Pengguna uang elektronik tidak perlu menyiapkan banyak uang receh atau menerima kembalian uang receh apabila melakukan transaksi.
  3. Bentuknya seperti ATM memudahkan nasabah sehingga tidak ribet.
  4. Transaksi lebih cepat karena hanya tinggal menempelkan kartu saja

Kekurangan E-Money

Selain kelebihan, e-money juga memiliki kekurangan, yaitu:

  1. Kapasitas saldo yang hanya Rp. 1 juta membuat pengguna harus sering top up saldo. Tentu saja hal ini sangat menyita waktu, apalagi bagi pengguna yang sibuk dan susah meluangkan waktu.
  2. Tidak ada kode akses pengguna. Membuat keamanan dari e-money sangat riskan disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.
  3. Butuh ekstra perawatan kartu e-money sebab apabila chip di dalam nya rusak, maka kartu tidak akan terbaca. Apabila kartu hilang, maka saldo di dalam kartu tidak akan bisa diklaim kembali oleh pengguna. Hal ini juga berlaku apabila kartu e-money pengguna digunakan oleh orang lain.

Nah, itu tadi sekilas tentang uang atau e-money dari Bank Danamon.