Informasi Terbaru idea2win

Cara Sederhana Membedakan Cincin Berlian Pria Asli dan Palsu

Cincin berlian tidak hanya sekedar aksesoris biasa. Memiliki cincin mewah yang satu adalah impian banyak orang, tidak terkecuali pria. Pasalnya, saat ini tersedia banyak pilihan cincin berlian pria yang bisa Anda beli dan digunakan untuk berbagai aktivitas.

Namun, sebagai informasi, tidak semua tempat atau toko menawarkan cincin berlian dengan kualitas yang sama. Beberapa di antaranya ada yang menjual kualitas KW, atau bahkan palsu. Nah, agar terhindar dari hal semacam itu, di sini akan kami bagikan cara membedakannya. Berikut penjelasannya:

1. Gunakan Diamond Selector

Diamond selector merupakan sebuah alat digital yang digunakan untuk mengetahui keaslian berlian. Alat ini bahkan bisa membedakan mana berlian asli dan mana berlian palsu dengan cara yang sangat instan. Cukup dengan menempelkan pada berlian saja, Anda sudah bisa membedakannya.

cincin berlian pria
cincin berlian pria

Bagi Anda yang tidak memilikinya, tidak usah khawatir. Pasalnya, alat ini umumnya sudah disediakan di toko-toko perhiasan yang kredibel. Mintalah toko perhiasan untuk mengeceknya dengan menggunakan alat tersebut.

2. Amplas Berlian

Hal ini bisa dikatakan cara yang paling klasik dalam menentukan keaslian berlian. Pasalnya, dengan cara mengamplas berlian, kita bisa langsung mengetahui keasliannya. Berlian asli tidak akan pernah tergores oleh amplas yang keras sekalipun. Pasalnya, berlian merupakan salah satu batu mulia yang kuat.

Berlian palsu akan tergores karena terbuat dari material buatan. Cara ini sudah sangat sering digunakan, khususnya di zaman dulu.

3. Berlian Asli Tidak Akan Terbakar

Seperti yang dijelaskan di atas, berlian adalah batu mulia yang memiliki tingkat kekerasan sangat tinggi. Api tidak akan mempan dan tidak bisa merusak berlian. Artinya, berlian asli tidak akan berubah bentuk maupun berubah warna pada saat dibakar oleh api.

Berbeda dengan jenis berlian palsu yang mudah terbakar karena terbuat dari bahan plastik, dan bahan mudah terbakar lainnya. Trik ini juga menjadi salah satu hal yang bisa dijadikan acuan untuk mengetahui keasliannya.

4. Lakukan Tes Embun untuk Mengetahui Keasliannya

Trik ini tergolong yang paling mudah dan sederhana. Tes embun adalah cara yang paling muda dilakukan. Caranya cukup dengan mengembuni berlian pada cincin dengan nafas. Setelah itu, silahkan Anda cek embun yang menempel pada berlian tersebut.

Jika embun yang Anda hembuskan dari nafas mampu bertahan beberapa detik, maka kemungkinan berlian tersebut palsu. Karena, berlian asli tidak akan berembun karena mampu mendispersikan panas dari napas.

5. Memperhatikan Refractivity Berlian

Refractivity atau keterbiasan berlian bisa menjadi salah satu indikasi untuk mengetahui apakah berlian tersebut asli atau palsu. Cara untuk melihatnya adalah melihat pantulan cahaya yang dihasilkan oleh berlian. Pasalnya, berlian bisa membelokan cahaya.

Itulah salah satu alasan kenapa berlian memiliki kilau yang sangat mempesona. Dari caranya yang dapat membiaskan cahaya, Anda bisa langsung mengenali apakah berlian tersebut asli atau palsu.

Kesimpulan

Ada cukup banyak cara untuk bisa membedakan mana berlian asli dengan yang palsu. Mulai dari cara yang instan, hingga cara-cara yang memerlukan keahlian. Bagi yang kurang paham dengan jenis-jenis berlian asli, bisa menggunakan diamond selector untuk membedakannya.

Jika Anda bingung memilih tempat cincin berlian asli, The Palace Jewellery bisa menjadi salah satu pilihan yang paling tepat. Di tempat ini, Anda bisa mendapatkan produk cincin berlian terbaik dan terbukti keasliannya.

Itulah informasi seputar tips memilih cincin berlian pria. Bagi Anda yang bingung memilihnya, Anda bisa memercayakannya langsung pada The Palace. Di sana, Anda bisa mendapatkan produk terbaik dengan harga yang kompetitif.