Informasi Terbaru idea2win

Berikut Ini Cara Menyembuhkan Alergi Dengan Jenis Makanan

Banyak sekali gejala alergi yang terjadi pada kulit. Misalnya ruam, gatal-gatal, dan juga kulit kemerahan. Gejala-gejala ini tentu saja dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Selain mengkonsumsi obat alergi, banyak cara menyembuhkan alergi yang bisa Anda coba. Misalnya dengan mengkonsumsi beberapa jenis makanan tertentu. Makanan ini berfungsi untuk mengurangi beberapa gejala alergi. 

Yuk, simak penjelasan mengenai makanan apa saja yang bisa digunakan   

Makanan penghilang alergi pada kulit

cara menyembuhkan alergi
cara menyembuhkan alergi

Makanan yang mengandung prebiotic

Umumnya, prebiotic ditemukan dalam makanan yang telah terfermentasi. Hal ini terbukti mengandung senyawa antiradang dan juga antialergi. Terutama jika diberikan pada wanita hamil dan menyusui. 

Ibu hamil dan menyusui yang mengkonsumsi susu prebiotic selama dan sesudah masa kehamilan dapat mengurangi resiko berkembangnya penyakit eksim pada bayinya hingga 50%. 

Buah yang mengandung vitamin C

Adapun beberapa buah yang dapat menghilangkan resiko alergi, terutama buah-buahan yang mengandung vitamin C. secara tidak langsung, vitamin C dapat menghambat sel yang meradang agar tidak melepas histamine di dalam tubuh. 

Vitamin C dengan kadar tinggi dapat mengurangi kadar histamine dan membuat proses pemecahannya menjadi lebih cepat. Sehingga, hal ini dapat meredakan gejala alergi yang dirasakan. 

Vitamin C juga bisa mengurangi peradangan di dalam tubuh sehingga alergi dapat diatasi. Sebab, vitamin ini merupakan antioksidan yang mampu menghambat efek dari adanya radikal bebas. 

Terdapat banyak buah yang mengandung vitamin C, misalnya jeruk, apel, stroberi, hingga semangka. 

Konsumsi makanan yang mengandung bioflavonoid

Mengkonsumsi makanan yang mengandung bioflavonoid ini juga bisa menjadi cara menyembuhkan alergi selanjutnya. Nutrisi ini mampu mengurangi jumlah sel yang bereaksi terhadap allergen. Salah satu jenis bioflavonoid quercetin juga mampu mengatasi peradangan yang disebabkan oleh alergi. 

Ada banyak makanan yang mengandung nutrisi ini, misalnya apel, bawang bombay, dan juga teh. 

Konsumsi makanan yang mengandung magnesium

Makanan yang mengandung magnesium juga diyakini bisa menghilangkan alergi kulit. Hal ini disebabkan karena magnesium dapat bertindak sebagai bronkodilator dan juga antihistamin. 

Ada banyak makanan yang mengandung magnesium yang bisa Anda coba, misalnya kacang-kacangan. Kacang almond dan kacang mete bisa jadi pilihan Anda. Namun sebelum mengkonsumsinya, Anda harus mampu memastikan bahwa Anda tidak memiliki alergi kacang sebelumnya. 

Makanan yang mengandung vitamin E

Sumber vitamin e seperti labu, paprika merah, selai kacang, biji bunga matahari, hingga kacang almond merupakan makanan penghilang alergi yang bisa Anda coba. Mengkonsumsi vitamin E berpotensi ampuh meredakan peradangan sehingga gejala alergi dapat diredakan. 

Mengkonsumsi ikan perairan dingin

Ikan yang hidup di air dingin diyakini bisa menghilangkan alergi kulit. Hal ini disebabkan karena ikan tersebut mengandung asam lemak omega 3 yang cukup tinggi. Jenis lemak baik ini mampu meredakan peradangan di dalam tubuh sehingga gejala alergi bisa diatasi. 

Selain ikan air dingin seperti ikan salmon, Anda bisa mencoba makanan lain yang mengandung omega 3, misalnya biji-bijian. 

Kunyit

Kunyit ternyata mampu meredakan gejala alergi pada kulit. Hal ini disebabkan karena kunyit mengandung kurkumin yang diyakini mampu meredakan pembengkakan dan iritasi akibat rhinitis dan alergi. 

Oatmeal

Oatmeal mengandung antioksidan dan anti radang yang mampu meredakan rasa gatal pada kulit akibat alergi. Untuk mencobanya, Anda bisa mencampurkan oatmeal ke dalam bak mandi. Anda bisa berendam selama 30 menit. Setelah itu, bilaslah kulit hingga bersih.  Untuk memaksimalkan kebutuhan nutrisi kini sudah hadir nutricia dengan segala manfaat kebutuhan gizi. 

Nah, itulah beberapa makanan yang bisa menyembuhkan alergi. Semoga bermanfaat!