Informasi Terbaru idea2win

Anda Harus Tahu, Inilah Cara Menilai Kualitas Gelang Berlian

Berlian merupakan batu mulia yang mengalami proses panjang sebelum akhirnya siap dijadikan sebagai penghias gelang. Berlian asli terbentuk ribuan atau bahkan milyaran tahun secara alami di bawah lapisan Bumi. Proses penambangannya pun tidak mudah karena membutuhkan banyak peralatan mahal dan pengetahuan. Jadi jangan heran apabila gelang berlian asli memiliki harga yang mahal. 

Namun tidak semua gelang memiliki harga yang mahal. Pasalnya harga dari perhiasan berlian tergantung dari kualitasnya. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui cara menilai kualitas gelang agar bisa memperkirakan harganya. Inilah penjelasan untuk Anda yang belum mengetahuinya:

Clarity atau Kejernihan

Kriteria kualitas gelang yang pertama ditentukan oleh clarity atau kejernihan. Kriteria ini merujuk pada sebersih dan sejernih apa sebuah berlian. Perlu Anda ketahui bahwa berlian dibentuk secara alami, jadi seharusnya tetap ada noda. Semakin kecil nodanya, maka nilai dan kualitasnya semakin tinggi. 

Berlian dengan kualitas clarity terbaik dinilai dengan Flawless (FL). Sementara berlian dengan kualitas clarity paling buruk dinilai dengan Included (I). Berlian FL sangat langka dan sangat mahal.

gelang berlian

Color atau Warna

Kriteria kedua adalah warna atau color. Ada dua warna berlian yang ada di dunia yaitu fancy color diamond dan colorless diamond. Fancy color diamond adalah berlian berwarna seperti merah muda, kuning, biru, dan lain sebagainya. Sementara colorless diamond adalah berlian paling banyak di dunia yaitu berlian transparan.

Penilaian color atau warna ini hanya berlaku pada berlian transparan saja. Menurut penilaian GIA (Gemological Institute of America), warna berlian dinilai dari skala D-Z. Nilai D merupakan berlian paling jernih dan indah, sementara Z paling pekat.

Carat Weight atau Berat Karat

Carat pada berlian berbeda dengan karat pada perhiasan emas. Carat pada emas menunjukkan bobot berlian. Satu karat berlian bernilai 200 mg atau 0,2 mg. Semakin besar nilai karat, maka harganya juga akan semakin tinggi. Namun perlu Anda ketahui bahwa ukuran berbeda dengan berat karat. Jadi berlian dengan besar yang sama belum tentu berat karatnya juga sama.

Cut atau Potongan

Dari empat kriteria kualitas gelang dengan berlian, cut atau potongan ternyata menjadi kriteria yang sangat penting. Potongan yang sempurna bisa membuat berlian memantulkan cahaya dengan sangat baik. Potongan sempurna ditentukan dari kerapian, proporsi, dan presisi. 

Skala cut pada penilaian GIA terdiri dari fair, good, very good, ideal, signature ideal. Skala signature ideal adalah penilaian paling bagus, sementara fair adalah paling buruk.

Certificate atau Sertifikat

Adanya sertifikat juga menunjukkan kualitas perhiasan gelang yang Anda beli. Gelang yang berkualitas pasti memiliki sertifikat untuk menunjukkan keasliannya. Hindari membeli perhiasan yang tidak memiliki sertifikat. Lembaga sertifikasi berlian yang paling banyak digunakan toko berlian di Indonesia adalah GIA. Selain itu, ada juga EGL, AGS, IGI, dan lain sebagainya.

Toko Berlian yang Anda Pilih

Cara menilai kualitas gelang yang terakhir adalah menilai toko berliannya. Jika Anda membeli di toko ternama yang terpercaya maka kualitas gelang yang ditawarkan pasti juga bagus. Jadi jangan tergiur harga yang murah dan tidak wajar di toko-toko yang belum tentu terpercaya.

Itulah cara menilai kualitas gelang berlian yang bisa Anda lakukan. Sangat mudah bukan sebenarnya? Jika masih bingung mencari toko perhiasan berkualitas, Anda bisa memilih The Palace. Toko perhiasan di bawah PT. Central Mega Kencana ini sudah terbukti kualitasnya. Bukan hanya berliannya saja, logam yang digunakan untuk menyematkan berlian juga sangat berkualitas. Informasi mengenai koleksi gelang dari The Palace ada di www.thepalacejeweler.com