Informasi Terbaru idea2win

Standar Berat Badan Ideal

Berat badan ideal merupakan dambaan bagi setiap orang baik pria maupun wanita. Hal tersebut dikarenakan selain anda akan mendapatkan bentuk tubuh yang proporsional juga anda akan merasa lebih sehat. Namun tidak jarang, berat badan ini menjadi masalah berat bagi beberapa kalangan. Ada sebagian orang yang kelebihan berat badan yang biasanya disebut gemuk dan ada juga sebagian orang yang justru kekurangan berat badan biasanya disebut kurus.

5706047b017f8-rumus-cara-menghitung-bera

Sejauh mana batasan gemuk dan kurus? misalkan berat badan 50 kg dapat dikatakan ideal bagi sebagian orang, tapi juga bisa dikatakan gemuk ataupun kurus bagi sebagaian orang yang lain. Ternyata  setiap orang memiliki batas gemuk dan kurus yang berbeda hal ini ternyata sangat bergantung padatinggi badan orang tersebut. Rumus yang dapat anda gunakan untuk mencari berat badan ideal seseorang adalah dengan menggunakan rumus  BMI (Body Mess Index) atau biasa juga disebut IMT (Indek Massa Tubuh). Berukut ini rumusnya:

Berat Badan Ideal  = Berat Badan  : (Tinggi badan x Tinggi badan)

Dengan berat badan dalam Kg dan tinggi badan dalam meter

Hasil dari perhitungan dengan menggunakan rumus BMI, dapat ada bandingkan dengan srandar yang telah dimiliki oleh badan kesehatan dunia (WHO), sebagi berikut :

Standar BMI untuk wanita

  • BMI < 18, memiliki kategori kurus

  • BMI 18 – 25, memiliki kategori normal

  • BMI 25 – 27, memiliki kategori kegemukan

  • BMI > 27, memiliki kategoriobesitas

Standar BMI untuk pria

  • BMI < 17, memiliki kategori kurus

  • BMI 17 – 23, memiliki kategorinormal

  • BMI 23 – 27, memiliki kategori kegemukan

  • BMI > 27, memiliki kategoriobesitas

Sebagai Contoh, misalakan anda seorang wanita yang memiliki berat badan 46 Kg dan tinggi badan 150 cm, maka hasil perhitungan berat badan ideal anda adalah : 

Berat badan ideal= 46 kg : (1,5 m x 1,5 m) = 46 :  = 20,44

Sehingga anda kedalam kategori normal.

Dengan mengetahui berat badan ideal anda sendiri, maka anda dapat menghidari hal – hal buruk yang diakibatkan oleh berat badan.