Informasi Terbaru idea2win

Beberapa Makanan Rendah Kalori dari Sayuran

Sayuran merupakan makanan yang relatif murah dan mudah cara penyajiannya. Pada umumnya sayuran bisa dimasak secara tunggal dengan rentang waktu yang sangat sebentar.  Atau bisa juga dikombinasikan dengan bahan makanan lain. Sayuran selain mengandung serat yang sangat berguna untuk memperlancar metabolisme tubuh, juga rendah kalori.  Sehingga aman dikonsumsi oleh para penderita penyakit dalam seperti jantung, diabetes dalam masa penyembuhan mereka. Berikut beberapa sayuran yang merupakan makanan rendah kalori.

Menu%2BMakanan%2BSehat%2BDiet%2BMayo%2Bd

Pertama tomat. Tomat bukanlah tanaman asli daerah kita. Tomat berasal dari daerah Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Tomat memiliki siklus hidup yang singkat. Buah yang masak berwarna merah dan yang muda berwarna hijau. Tomat kadang disebut sebagai sayuran tapi juga buah.  Tomat yang masak bisa langsung dimakan. Untuk yang muda karena rasanya kecut biasanya ditambahkan sebagai pen perambah rasa pada masakan. Di daerah Sunda biasanya buah yang muda digunakan sebagai pelengkap rasa pada sambal. Kalori yang dimiliki tomat hanya 17 kalori per 100 gram.  Selain rendah kalori sayuran ini juga mengandung vitamin A dan Vitamin C. Sayuran ini juga mempunyai kandungan antioksidan tinggi.

Kedua kubis atau kol. Makanan rendah kalori berikutnya adalah kubis yang  berasal dari Eropa. Tanaman ini mempunyai bentuk yang  khas yaitu berbentuk krop. Daun kol berlapis-lapis dan membentuk bulatan. Warna daun bagian dalam lebih putih dari dari daun luarnya. Daun kol biasanya dimasak atau juga dikukus sebagai lalapan. Kubis memiliki jumlah kalori yang rendah per 100 gram yaitu sekitar 17 gram. Kol sangat mudah ditemukan, baik di warung, pasar tradisional maupun di pasar modern seperti supermarket atau toko swalayan.

Ketiga kembang kol. Kembang kol memiliki kalori sekitar 24 gram per 100 gram. Kembang kol hampir mirip dengan brokoli hanya saja brokoli berwarna hijau sementara  kembang kol berwarna putih.  kembang kol mudah sekali diolah dan tidak memakan waktu yang lama.  Selain rendah kalori, kembang kol memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan jantung, mencegah sembelit, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menguatkan tulang, mengurangi resiko kanker dan juga dapat menurunkan berat badan.

Demikian beberapa sayuran rendah kalori untuk anda. Semoga semakin memperkaya pengetahuan anda tentang jenis makanan dan manfaatnya.