Informasi Terbaru idea2win

Tips Kesehatan Anak Untuk Menjaga Kesehatan Buah Hati

cara-tepat-menggendong-bayi-bagaimana-si

Anak adalah amanat paling berharga yang dititipkan Allah pada setiap orang tuanya. Saat calon ibu mulai mengandung, maka sudah dipastikan semua keluarga ikut merasa bahagia, dan anda sangat menjaga kesehatan ibu dan janin yang dikandungnya. Di saat buah hati lahir, di awal masa perkembangannya anda pun harus sangat menjaga kesehatan anak dari berbagai ancaman yang timbul dari dunia luar seperti kondisi cuaca yang tidak menentu, makanan yang kurang sehat, kurangnya aktivitas fisik, dan lain-lain. Tips kesehatan anak wajib dikuasai oleh setiap orang tua agar anda tidak merasa kesulitan saat anak mengalami gangguan kesehatan yang sebenarnya sederhana dan bisa diatasi dengan cara alami. Berikut ini kami hadirkan tips kesehatan buah hati berusia 1 hingga 2 tahun:

  1. Jaga makanan buah hati
    Di usia 1 tahun, anak biasanya merasa penasaran dengan berbagai hal di sekitarnya. Termasuk makanan yang tersedia di rumah, saat anak menginginkan suatu makanan, biasanya orang tua dengan mudahnya mengikuti keinginan anak. Namun anda harus hati-hati karena tidak semua jenis makanan bisa diberikan kepada buah hati. seperti makanan yang dapat membuat anak tersendak harus sangat diperhatikan. Saat anda ingin memberikan sayur dan buah pun, anda harus memotongnya kecil-kecil. selain ukurannya, anda juga harus memperhatikan tingkat kelembutannya. Hindari beberapa makanan yang berbahaya untuk usia 1 tahun seperti kacang, popcorn, permen, marsmallow, permen karet, dan lain-lain.

  1. Imunisasi
    Tips kesehatan anak berikutnya yakni imunisasi harus anda lakukan sesuai dengan aturannya untuk menjaga kesehatan buah hati. sebagai orang tua, anda harus hafal betul jadwal imunisasi. Di usia 12-18 bulan, anak wajib mendapatkan imunisasi polio, DPT ulangan, MMR, tifoid, campak, hepatitis A, Influenza, varisela, dan pneumokokus.

  1. Bermain dan belajar
    Tips kesehatan yang tidak kalah pentingnya adalah pastikan anda dan buah hati memiliki waktu luang untuk bermain bersama melakukan aneka permainan yang menyenangkan serta dapat mengasah kemampuan motoriknya. Seperti permainan isi ember, anda dan buah hati dapat melakukannya dengan mengumpulkan barang-barang, atau mengisi botol dengan biji-bijian atau beras, dan permainan lainnya.

Itulah 3 tips kesehatan anak yang penting dilakukan. Selain 3 hal di atas, anda juga harus memastikan buah hati memiliki waktu istirahat yang cukup, dan membiasakan cuci tangan dan kaki sebelum tidur untuk memastikan kebersihannya.