Informasi Terbaru idea2win

Mengenal Istilah-istilah Teknologi Jaringan Nirkabel

Sebagaimana jaringan yang berbasis kabel atau optical fiber, jaringan nirkabel membawa infromasi diantara perangkat-perangkat komputer. Informasi tersebut dapat berupa pesan e-mail, halaman web, rekaman database, streaming video, ataupun suara. Dalam beberapa kasus, jaringan nirkabel mentransfer data seperti pesan e-mail dan file, tetapi kini berbagai kemajuan dalam performa jaringan nirkabel memungkinkan dukungan bagi komunikasi suara dan gambar.

Jaringan nirkabel dikelompokkan dalam beberapa kategori menurut ukuran area fisik yang dapat dijangkaunya. Beberapa jenis jaringan nirkabel berikut memenuhi penggunanya :

  • Personal-Area Network (PAN)
  • Local-Area Network (LAN)
  • Metropolitan Area Network (MAN)
  • Wide-Area Network (WAN)

Personal-Area Network (PAN)

  • PAN memiliki jangkauan yang relatif pendek dan hanya efektif untuk memenuhi kebutuhan dlam ruangan yang sempit atau lingkup pribadi. Performa PAN nirkabel termasuk sedang, dengan kecepatan data mencapai 2Mbps. Perlengkapan tersebut memenuhi kebutuhan untuk menggantikan kabel dalam berbagai keadaan.

Local-Area Network (LAN)

  • LAN nirkabel memberikan performa yang tinggi di dalam maupun disekitar gedung-gedung perkantoran, pabrik, dan perumahan. Pengguna dalam wilayah tersebut memiliki laptop, PC, dan PDA berlayar lebar serta berprosesor yang mendukung dengan aplikasi higher-end. LAN nirkabel secara efisien memenuhi persyaratan untuk jenis perangkat komputer tersebut.

Metropolitan Area Network (MAN)

  • MAN nirkabel mencakup wilayah seukuran kota. Dalam berbagai kasus, beberapa aplikasi mengharuskan sambungan tetap, namun beberapa implementasi memungkinkan mobilitas. Sebagai contoh, rumah sakit dapat membuka MAN nirkebel untuk melakukan komunikasi data tentang fasilitas utama rumah sakit kepada klinik terpencil, atau perusahaan pendayagunaan energi yang memasang MAN nirkabel di dalam suatu kota untuk menediakan akses layanan kerja melalui beberapa tempat.

Wide-Area Network (WAN)

  • WAN nirkabel menawarkan aplikasi mobile yang menjangkau wilayah luas, seperti negara atau benua. Karena pertimbangan ekonomi, operator telekomunikasi masih memungkinkan membuka infrastruktur WAN nirkabel yang relatif masih mahal untuk menyediakan sambungan jarak jauh sebagai pusat bagi beberapa pelanggan. Biaya pembukaan sambungan tersebut dapat diratakan kepada banyak pengguna, sehingga ongkos berlanggannya murah.