Informasi Terbaru idea2win

Pengaruh Teknologi Komunikasi untuk Masa Depan

Komunikasi merupakan bentuk interaksi manusia satu dengan manusia lain. Komunikasi menjadi hal yang penting karena komunikasi membawa banyak manfaat bagi manusia. Manfaat teknologi komunikasi terbagi menjadi 2 yaitu manfaat secara teoritis dan praktis. Manfaat komunikasi secara praktis adalah untuk mengetahui informasi, kabar berita, menyalurkan ekspresi diri, membangun keakraban, silaturahmi, memperlancar hubungan, dan lain sebagainya.

Manfaat secara teoritis untuk menciptakan serta memelihara hubungan, hiburan, membantu orang lain, memberikan pengaruh ke orang lain dan untuk mengubah sikap. Namun tidak semua orang memiliki waktu dan tempat yang sama untuk berkomunikasi. Maka muncullah teknologi komunikasi yang memudahkan komunikasi tanpa terhalang jarak, tempat dan waktu.

Pengaruh teknologi komunikasi untuk masa depan banyak sekali. Semisal untuk ekonomi, dengan adanya teknologi komunikasi yang cepat maka akan terjadi industrialisasi dan produktivitas meningkat. Namun kasus penipuan menggunakan teknologi juga akan meningkat. Kasus penipuan jualan online marak terjadi dan pelaku tidak bisa ditemukan karena di dunia maya banyak orang yang bisa dengan mudah menyembunyikan identitas aslinya.

Dalam bidang sosial, teknologi komunikasi membuat orang cenderung meninggalkan teknologi komunikasi cetak semisal koran dan majalah. Kebanyakan telah beralih menggunakan teknologi komunikasi online semisal media berita online dan jual beli online. Dampak negatifnya adalah teknologi komunikasi memudahkan anak dibawah umur mengakses pornografi. 

Dampak politik adanya teknologi komunikasi adalah memudahkan tercapainya tujuan politik dan pengawasan oleh seluruh lapisan masyarakat jika ada insiden yang menyimpang. Teknologi komunikasi juga membuat masyarakat mudah untuk mendapatkan akses tentang kebenaran yang sesungguhnya terjadi sehingga demokrasi akan terlaksana.

Namun teknologi komunikasi juga membawa dampak negatif berupa biaya untuk penyebaran informasi yang besar. Lalu dampak pada bidang lingkungan dan budaya, dengan adanya teknologi komunikasi bisa membuat banyak orang lebih sadar lingkungan dan sadar budaya.

Selain itu, dengan adanya teknologi komunikasi yang mudah, cepat dan efisien akan membuat banyak masyarakat lebih mudah diajak untuk peduli pada isu-isu nasional maupun isu-isu internasional. Itulah pengaruh teknologi komunikasi untuk masa depan yang penting untuk Anda semua ketahui, semoga bermanfaat.