Informasi Terbaru idea2win

Aplikasi Jaringan Nirkabel Pada Akses Internet

Jaringan nirkabel banyak mendukung aplikasi yang menguntungkan dari sisi mobilitas dan memiliki kemampuan tahan uji lebih tinggi karena sedikitnya kecenderungan kesalahan penggunaan kabel. Selain itu, dibandingkan jaringan berkabel, beberapa aplikasi jaringan nirkabel merealisasikan penghematan biaya melalui meningkatnya efisiensi dan menurunnya downtime. Sebagian besar teknologi jaringan nirkabel bebas lisensi sehingga menyederhanakan dan mengefektifkan biaya pemasangan.

Dalam berbagai kasus, jaringan nirkabel hanyalah perluasan dari jaringan berkabel yang telah ada. Dalam hal tersebut, pengguna dapat melaksanakan suatu tugas tertentu pada tempat yang terbaik daripada tempat yang kurang ideal. Sebagai contoh, seorang petugas gudang yang membongkar muatan truk dapat memakai suatu unit nirkabel genggam untuk mencatat barang-barang yang diturunkan dari truk. Hal tersebut jauh lebih efektif daripada menuliskan jumlah barang tersebut dan memindahkannya ke dekstop yang berada di dalam ruangan yang jauh dari gudang tersebut.

Salah satu alasan yang paling mendorong pemakaian jaringan nirkabel adalah kemampuan untuk menggunakan secara bersama sama koneksi tunggal internet high speed. Jenis konfigurasi tersebut memungkinkan setiap berbagai pakai koneksi high speed tunggal yang ditawarkan modem kabel atau DSL. Hal tersebut lebih nyaman mengakses dan menjelajahi internet ke mana saja dari rumah, kantor dan dimana saja.

Jaringan nirkabel dalam skenario tersebut juga meningkatakn fleksibilitas karena memudahkan penambatan workstation (tempat kerja) baru kapan saja tanpa memerlukan kabel. Pemindahan letak PC sekaligus printer maupun server juga tidak memusingkan. Beberapa perusahaan ataupun akademisi dan lainnya dapat mengimplementasikan jaringan nirkabel sehingga karyawan maupun mahasiswa dapat tersambung melalui konfigurasi tertentu.

Untuk itu, jaringan nirkabel memainkan peran yang sangat penting bagi kehidupan manusia dengan begitu cepatnya perkembangan teknologi. Sekalipun jaringan nirkabel hanya untuk tujuan yang sederhana, yaitu menyediakan koneksi antara pengguna dan sumber informasi tanpa menggunakan kabel. Konsep penting mengenai jaringan nirkabel sangat penting untuk kita ketahui agar dapat memahami proses dalam setiap jaringan yang ada sekarang ini dan tentunya lebih atraktif terhadap perkembangan teknologi.