Informasi Terbaru idea2win

Sumber Bahan Bakar Biomassa

0

Energi merupakan salah satu hal yang dibutuhkan manusia untuk hidup. Dengan energi manusia dapat beraktivitas dengan baik, dapat berpindah tempat dengan cepat, dan dapat berkomunikasi dengan kerabat yang berjauhan tanpa mengalami kesulitan yang berarti. Energi yang banyak digunakan oleh manusia adalah energi bahan bakar minyak bumi yang terbuat dari tumbuhan dan hewan yang telah menjadi fosil dengan cara tertimbun dalam tanah selama berjuta tahun lamanya.

Lamanya waktu yang diperlukan untuk menghasilkan bahan bakar minyak bumi tersebut menjadikan energi jenis ini sulit untuk diperbaharukan dalam waktu yang singkat. Sedangkan penggunaannya secara terus menerus menjadikan jumlah terus menerus berkurang. Bahkan diperkirakan pada kurun waktu tertentu akan habis. Itulah penyebab yang menjadikan manusia terus berinovasi sehingga menghasilkan teknologi bioenergi.

Teknologi bioenergi merupakan energi yang bersumber dari bahan biologis atau makhluk hidup sehingga energi ini relatif dapat terbarukan dalam waktu singkat. Teknologi bioenergi ini memanfaatkan biomassa yang terdapat pada makhluk hidup. Biomassa ini mengandung energi cahaya matahari yang disimpan dalam bentuk energi kimia. Energi ini dapat dilepaskan dengan perlakukan tertentu misalkan dengan membakarnya. Bahan bakar biomassa ini dapat diperoleh dari berbagai hal, berikut adalah beberapa diantaranya :

  1. Limbah atau sisa produksi dari industri pertanian dan pengolahan bahan pangan. Sebagai contoh bahan bakar biomassa dapat diperoleh dari sisa batang tebu yang telah diambil sarinya untuk membuat gula
  2. Kotoran sisa metabolisme makhluk hidup, kotoran mahkluk hidup juga memiliki biomassa sehingga dapat diamanfaatkan untuk bahan bakar biomassa. Saat ini tengan dikembangkan bahan bakar gas yang berbahan dasar kotoran ternak seperti sapi. Dengan pengolahan yang baik dan benar maka kotoran tersebut akan memberikan manfaat lebih bagi manusia. Gas yang dihasilkan dari kotoran sapi sangat bersih dan tidak berbau sehingga aman digunakan untuk mengolah makanan.

Dengan hadirnya teknologi bioenergi ini diharapkan manusia tidak akan lagi mengandalkan sumber energi minyak bumi yang memerlukan waktu ribuan tahun untuk memulihkannya kembali.

Leave A Reply

Your email address will not be published.