Informasi Terbaru idea2win

3 Strategi CRM Terbaik untuk Bisnis Online

3 Strategi CRM Terbaik untuk Bisnis Online

CRM ialah singkatan dari customer relationship management yang merupakan suatu strategi marketing dalam meningkatkan pelayanan customer service suatu perusahaan agar setia menggunakan brand perusahaan tersebut dan tidak beralih pada kompetitor. Seiring dengan perkembangan era digitalisasi yang kian maju, kini telah hadir sebuah aplikasi CRM yang dapat mempermudah setiap perusahaan dalam meningkatkan layanan customer service seperti yang ditawarkan platform customer service Sociomile.

Dengan menggunakan aplikasi berbasis web dari Sociomile, setiap perusahaan bisa menyatukan setiap chanel customer service yang dimilikinya ke dalam satu dashboard. Artinya, customer care dalam saluran Facebook, Twitter, email, SMS dan lain sebagainya kini bisa diakses pada satu dashboard saja.

Aplikasi CRM
Aplikasi CRM

Ada banyak keunggulan dari aplikasi CRM tersebut untuk meningkatkan kinerja customer service anda. Selain itu, semua pertanyaan maupun keluhan pelanggan akan tersusun dan terstruktur rapi karena memiliki system ticketing yang baik.

Namun,  untuk mengoptimalkan strategi customer relationship management, anda pun perlu menerapkan beberapa strategi lain seperti program yang dapat meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap brand anda. Berikut akan saya paparkan beberapa strategi yang dapat anda terapkan.

1 . Email Marketing

Mengoptimalkan email sebagai salah satu strategi marketing pada suatu perusahaan ialah cara yang benar – benar tepat untuk meningkatkan keuntungan. Mengirim email pada pelanggan anda jauh lebih personal sehingga memungkinkan pelanggan untuk membacanya dan mungkin saja tertarik dengan penawaran yang anda lakukan. Akan tetapi, tidak dianjurkan mengirim pelanggan anda email terlalu sering karena bisa dianggap spam dan hal tersebut tentunya tidak baik untuk perusahaan anda.

2 . Gamification

Istilah ini sebenarnya merujuk pada suatu istilah dimana ketika kita melakukan suatu aktivitas atau mengaplikasikan mekanisme game untuk selanjutnya kita terapkan pada kehidupan yang nyata. Kita ambil contoh misalnya perusahaan anda mengadakan suatu program sebagai bentuk gamifaction antara pelanggan A dan B dimana pelanggan A yang sering menggunakan layanan atau membeli produk diberi suatu poin yang lebih banyak dan pada nantinya pelanggan B akan mencoba untuk bersaing dengan pelanggan A. Ini merupakan salah satu bentuk interaksi terhadap pelanggan agar mereka lebih loyal terhadap brand yang anda miliki serta mengoptimalkan aplikasi customer relationship management.

3 . Penawaran Ekslusif

Penawaran ini wajib hukumnya bagi setiap orang yang bergerak dalam bisnis apapun, terutama bisnis online. Penawaran ekslusif ini bisa berbentuk penawaran promo, diskon dan beberapa penawaran lainnya yang bersifat ekslusif. Penawaran ini banyak dicari oleh pelanggan sehingga tidak hanya mampu mempertahankan loyalitas pelanggan lama, program ini pun sangat baik juga untuk menarik pelanggan – pelanggan yang baru. Strategi ini cocok untuk diterapkan dalam menarik minat masyarakat untuk menggunakan layanan atau produk yang anda miliki.