Informasi Terbaru idea2win

Smartphone Android Kesayanganmu Lemot? Yuk, Ikuti 5 Cara Ini Untuk Mengatasinya!

Sekarang ini smartphone dengan sistem operasi android memang merajai pasar smartphone di Indonesia maupun dunia karena mudah digunakan dan berbagai inovasi untuk pengembangan aplikasi. Selain dengan inovasi-inovasi terbarunya, android menawarkan desain antar muka yang selalu menarik mata hingga membuat pengguna berminat menggunakan sistem operasi ini.

Namun sayangnya, untuk segi Interfacenya sendiri sistem operasi Android memiliki kelemahan, yakni sering terjadinya cache dan penumpukan aplikasi yang berjalan pada background hingga dapat memperberat kinerja prosesor maupun RAM.

Untuk itu kali ini saya akan memberikan tips dan cara untuk mengatasinya agar smartphone kesayanganmu ga lemot nih guys. Maka yuk langsung aja, Let’s check it out guys!

  1. Periksa Terlebih Dahulu Memori Yang Tersedia

 

Pertama alasan mengapa kinerja smartphone kamu melambat adalah karena ada banyaknya aplikasi yang kamu download hingga membuat ruang penyimpanan yang tersisa menjadi sedikit. Batas minimal cara kinerja android tanpa adanya hambatan adalah 20 persen.

Namun jika smartphone kamu memang sudah memenuhi memori, maka cara yang kami sarankan adalah coba uninstall aplikasi yang tidak terpakai di ponselmu, lalu bersihkan cache dan hapuslah junk file dengan masuk ke setting, lalu menuju ke Storage. Selanjutnya kamu tinggal menekan cache files dan kemudian klik ok untuk membersihkannya

  1. Adanya Widget Yang Berlebihan

Mungkin ada beberapa pengguna yang cenderung memasang widget agar mudah mengakses aplikasi yang dituju. Itu memang benar, namun apabila adanya lebih dari dua atau tiga widget dalam homescreen smartphone kamu, maka itu akan sangat mempengaruhi cara kerjanya. Apalagi jika menggunakan widget third party launcher. Jika kamu memang ingin menggunakan widget, gunakanlah sesuai dengan kebutuhan smartphone mu.

  1. Restart Ponsel

Nah cara yang satu ini merupakan salah satu cara yang sangat mudah digunakan dan di praktekan. Dengan kamu merestart ponsel, maka smartphone-mu akan bisa bekerja dengan normal. Eits tapi perlu diingat, kamu bisa melakukan restart setelah melakukan beberapa tips yang dijelaskan sebelumnya.

  1. Mengupdate Firmware

 

Firmware adalah suatu sistem operasi yang ada pada perangkat ponsel dan selalu memiliki update versi tersendiri. Cara lain untuk mengatasi smartphone lemot yaitu dengan selalu melakukan update sistem operasi yang digunakan smartphone. Karena dengan mengupdate Firmware dapat memberikan peningkatan kinerja ponsel yang juga bisa mengatasi beberapa masalah aplikasi yang tidak kompatibel.

  1. Bersihkan CachePada Smartphone

Dengan menjalankan banyak aplikasi terkadang juga dapat meninggalkan sisa-sisa data penyimpanan yang berkelanjutan atau yang biasa disebut dengan cache. Namun penumpukan cache dari aplikasi yang terjadi pada smartphone menjadi salah satu faktor memperlambat kinerja smartphone Android-mu. Dan cara untuk mencegah agar sistem tidak lag atau lemot akibat penumpukan cache, kamu bisa menggunakan aplikasi khusus yang dapat di download di Google Play Store.

Well… itulah kira-kira 5 cara sederhana untuk mengatasi agar smartphone-mu tidak lemot. Kamu bisa menggunakan cara sederhana ini jika smartphone mulai lemot.