Informasi Terbaru idea2win

Teknologi dan Dampak Sosial Budaya yang Ditimbulkannya

Saat ini kita menghadapii era globalisasi yang menuntut semua orang agar bisa memanfatakan dan menghasilkan berbagai macam karya yang memilki manfaat bagi yang lainnya. Seseorang yang tidak mempunyai keahlian akan tergusur dengan seseorang yang memiliki kratifitas dan mampu memanfaatkan berbagai macam produk teknologi. Dengan kata lain saat ini kita bersaing satu sama lain antar budaya dan antar negara mereka yang tidak mampu bersaing akan tersisih dengan sendirinya hingga menjadi budak dari mereka yang menjadi pemenang.

Agar kita mampu bersaing dengan baik tanpa harus tersisihkan kita harus membentuk sumber daya manusia kita agar siap bersaing dengan sumber daya manusia lain yang lebih siap dan lebih modern. Salah satunya adalah mulai membiasakan diri untuk terbuka dan menggunakan berbagai macam teknoogi terkini yang bisa menunjang berbagai macam aktivitas kita sehari-hari. pengaruh teknologi  akan berdampak langsung kepada kehidupan sosial budaya dan perekonomian negara kita. seseorang yang lebih bisa memanfaatkan teknologi akan lebih kuat dan lebih siap bersaing dengan seseorang yang masih menggunakan cara-cara tradisional.

Akan tetapi bagai dua sisi mata pisau yang memiliki dua manfaat baik positif maupun negatif. Teknologi juga akan merubah pola hidup masyarakat kita pada umumnya. Seseorang yang sudah kecanduan dengan teknologi  akan lebih nyaman menghabiskan waktu dengan perangkat canggih yang mereka miliki masing-masing seperti perangkat computer hingga ponsel pintar yang sudah terhubung dengan internet. Mereka akan melupakan nilai-nilai sosial masyarakat karena interaksi yang mereka lakukan dengan orang sekitar semakin berkurang.

Hal ini akan menyebabkan berkurangnya kepekaan sosial secara signifikan. Kita bisa saja memiliki wawasan yang baik dan luas seputar ilmu pengetahuan dan teknologi tetapi kita tidak akan mengetahui hal apa yang sedang terjadi di sekitar kita sendiri. Agar pengaruh teknologi mengarah kepada hal yang lebih positif kita bisa menggunakan teknologi tetapi tetap tidak melupakan kodrat kita sebagai seorang makhluk sosial sehingga kita tetap peka terhadap segala macam kejadian yang ada di sekitar kita.