Informasi Terbaru idea2win

Perkembangan Dunia Digital di Indonesia

Teknologi komunikasi dan informasi terus berkembang dengan pesat salah satunya adalah dengan hadirnya internet yang menyajikan dunia digital atau dunia maya. Internet berisi segala macam informasi yang kita butuhkan sehari-hari. Dalam perkembangannya internet tidak hanya bermanfaat bagi ilmu pengetahuan tetapi juga sangat bermanfaat dan berpengaruh dalam bidang komunikasi. Saat ini kebanyakan orang akan lebih nyaman berkomunikasi menggunakan aplikasai chatting yang ada di dunia maya seperti BBM, Whatsapp, twitter, facebook dan aplikasi yang lainnya.

Lebih jauhnya lagi internet saat ini dugunakan untuk menunjang pekerjaan dan sebagai salah satu media penggerak kegiatan ekonomi. Saat ini hampir semua kebutuhan pekerjaan baik itu d sector negeri maupun swasta sudah berbasis online. Transaksi jual beli yang sebelumnbya harus melibatkan penjual dan pembeli bertatap muka langsung juga bisa diringkas lebih efisien dengan menggunakan internet. pengaruh teknologi yang disebabkan oleh internet sangat berdampak besar bagi semua orang di berbagai belahan dunia.

Selain sebagai salah satu media alat komunikasi dan penggerak kegiatan ekonomi internet juga sangat mempengaruhi kondisi sosial budaya masyarakat kita saat ini. Bagaikan dua sisi mata uang yang saling bersebelahn internet memilki dampak positif dan dampak negative yang bisa menyebabkan masalah sosial tersendiri. Saat ini kebanyakan orang lebih sibuk dengan berbagai macam perangkat canggih mereka sendiri baik itu berupa ponsel pintar maupun perangkat computer yang sudah terhubung dengan internet. Sehingga jarang berinteraksi langsung dengan orang-orang yang ada di sekitar mereka.

Kebiasaan ini akan membentuk karakter dan kepribadian yang lebih mementingkan kebutuhan pribadi maupun kepentingan kelompoknya sendiri sehingga interaksi antar sesama dan kepekaan sosial semakin berkurang bahkan hilang sama sekali pengaruh teknologi memang bisa mengarah kearah positif maupun negative, tergantung kepada siapa saja yang memanfaatkan dan memaksimalkannya. Apabila bisa diarahkan kepada hal yang lebih bermanfaat tanpa perlu merubah pola hidup masyarakat kita teknologi pada umumnya dan internet pada khusunya bisa saja menjadi mediator yang paling tepat untuk membentuk masyarakat kita yang lebih pintar tapi tetap bermartabat.