Informasi Terbaru idea2win

Pengenalan lebih jauh Tentang Konsep Jaringan Nirkabel

Jaringan nirkabel memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan manusia di tempat kerja, di rumah, dan tempat umum lainnya. Sekalipun jaringan nirkabel memiliki tujuan yang sederhana, yaitu menyediakan koneksi antara pengguna dan sumber informasi tanpa menggunakan kabel, konsep penting mengenai jaringan nirkabel haruslah dikuasai sebelum memahami cara kerjanya. Artikel ini menyajikan pengenalan lebih jauh jaringan nirkabel serta manfaatnya bagi para pengguna dalam beragam aplikasi.

Jaringan nirkabel memungkinkan orang melakukan komunikasi dan mengakses aplikasi dan informasi tanpa menggunakan kabel (nirkabel). Hal tersebut memberikan kebebasan bergerak dan kemampuan memperluas aplikasi ke berbagai bagian gedung, kota ataupun hampir ke semua tempat di dunia. Sebagai contoh, orang ketika dirumah sedang menjelajahi internet dapat melakukan hal serupa di tempat yang tenang, bebas dari gangguan anak-anak, atau di depan televisi bersama seluruh keluarga. Jaringan nirkabel mengizinkan orang berinteraksi dengan e-mail atau menjelajahi internet dari tempat yang mereka inginkan.

Jaringan nirkabel sudah ada disekitar kita selama bertahun-tahun. Buktinya adalah bentuk awal komunikasi nirkabel sudah terdapat pada suku indian di Amerika yang melambaikan kulit-kulit banteng di atas api guna untuk menyampaikan salah satu isyarat asap kepada sesamanya yang berada pada jarak yang jauh. Demikian pula pada pengguna kedipan cahaya yang membawa informasi lewat sandi morse diantara kapal-kapal telah dan masih berfungsi sebagai salah satu bentuk yang penting. Tentu ponsel juga merupakan salah satu jenis komunikasi nirkabel dan kini telah populer digunakan oleh orang-orang banyak untuk saling bercakap dengan sesamanya di seluruh penjuru dunia.

Sistem komunikasi nirkabel tersedia dalam berbagai ragam, tetapi perlengkapan yang membedakan jaringan nirkabel adalah komunikasi yang terjadi antara perangkat-perangkat komputer. Perangkat tersebut termasuk dari personal digital assistant (PDA), laptop, komputer personal (PC), server dan printer. Perangkat komputer memiliki prosesor, memori dan perlengkapan yang menghubungkanya dengan suatu jenis jaringan. Pada akhirnya, kebanyakan peralatan elektronika akan menawarkan koneksi jaringan nirkabel.