Informasi Terbaru idea2win

Keamanan Jaringan Nirkabel Melindungi Sumber Informasi

Keamanan merupakan salah satu faktor terpenting pada jaringan nirkabel karena sinyal komunikasi pada saringan sistem tersebut secara terbuka merambat melalui udara. Baik perusahaan atau individu yang menggunakan jaringan nirkabel harus menyadari persoalan yang mungkin dihadapi serta tindakan balasan yang dapat dipakai. Artikel ini menjelaskan ancaman keamanan dan cara untuk memperkuat keamanan jaringan nirkabel melalui pengguna enkripsi dan autentifikasi.

Sekarang ini kejahatan cyber (cyber crime)  sudah marak terjadi sebut saja mereka adalah hacker yang dapat mencuri informasi dari sebuah perusahaan yang akan mendapatkan akses ilegal kesuatu aplikasi dan bahkan mengganggu operasi jaringan. Mereka menggunakan ancaman terhadap keamanan ini melalui jaringan nirkabel dengan menggunakan metode masuk ke jaringan nirkabel secara ilegal menggunakan Denial of Service (Dos).

Seorang hacker yang berpengalaman dapat memonitor paket-paket data nirkabel yang tidak dilindungi dengan menggunakan alat seperti AirMagnet dan AiroPeek untuk menyingkap isi paket data nirkabel. Solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunkan enkripsi diantaranya yaitu perangkat klien nirkabel dan base station. Enkripsi akan mengubah bit-bit data dengan menggunakan secret key. Karena key tersebut rahasia, hacker tidak akan mampu menguraikan data. Oleh karena itu, penggunaan mekanisme enkripsi yang efektif harus menguatkan rahasia data.

Sama halnya dengan memonitor sebuah aplikasi nirkabel, seseorang dengan mudah dapat mengakses jaringan nirkabel dari luar fasilitas jika tindakan pencegahan tidak dilakukan. Sebagai salah satu contoh, seseorang yang berada di tempat parkir mobil dapat berasosiasi dengan salah satu base station nirkabel yang berlokasi di dalam gedung. Tanpa ada nya sistem keamanan yang memadai, orang tersebut dapat mengakses server dan aplikasi yang terletak di jaringan korporat. Hal tersebut serupa dengan memberikan orang asing berada dalam rumah atau kantor kita. Dan sayangnya, perusahaan telah menyebarkan jaringan nirkabel mereka dengan menggunakan konfigurasi base station yang gagal dan tidak aman yang memungkinkan setiap orang berantar muka dengan konfigurasi server aplikasi mereka.