Informasi Terbaru idea2win

Cara Efektif Untuk Mengatasi Serangan DOS (Denial of Service)

Serangan DoS (Denial of Service) adalah sebuah penyerangan yang dapat melumpuhkan atau mematikan jaringan nirkabel. Maka, sekarang ini sudah banyak terjadi serangan ini yang dilakukan oleh para pelaku kejahatan cyber atau kita sering sebut dengan hacker. Kemungkinan serangan ini harus diantisipasi oleh setiap orang yang akan menyebarkan jaringan nirkabel. Coba kita bayangkan apa yang akan terjadi seandainya jaringan nirkabel tidak tersedia selama periode waktu yang tak tertentu.

Kuat lemahnya serangan DoS tergantung pada dampak dari serangan tersebut pada jaringan nirkabel sehingga tidak berjalan. Sebagai contoh, hacker dapat mematikan LAN (Local Area Network) rumahan seseorang, akan tetapi hasilnya mungkin hanyalah perasaan tidak menyenangkan pada pemilik rumah. Sementara itu, serangan DoS ini mematikan sistem invetarisasi nirkabel dapat menyebabkan kerugian keuangan. Salah satu bentuk dari serangan Dos adalah dengan cara metode brute-force (metode meretas password).

Sebagai contoh, aliran paket sangat besar yang menggunakan semua sumber jaringan dan menyebabkan jaringan mati adalah serangan DoS brute-force. Ada peranti-peranti internet yang memampukan hacker untuk membuat flooding berlebihan pada jaringan nirkabel. Hacker dapat menjalankan serangan brute-force. DoS berbasis paket dengan mengirim paket-paket tidak berguna kepada server dari komputer lain pada jaringan. Hal tersebut menyebabkan overhead pada jaringan dan mematikan bandwitch pengguna resmi.

Salah satu cara efektif untuk mengatasi serangan DoS adalah dengan mengisolasi komputer anda dalam sebuah ruangan dengan keamanan super paket dan menghindarkannya dari semua jaringan termasuk internet. Hal tersebut tentu saja sama artinya dengan tidak menggunakan jaringan nirkabel. Metode ini telah digunakan oleh pemerintah Amerika Serikat untuk melindungi data yang sangat sensitif, tetapi solusi tersebut tidak dapat diterapkan pada aplikasi perusahaan atau rumahan yang mendapatkan banyak manfaat dengan disebarkannya jaringan nirkabel. Pertahanan yang paling mendasar untuk melawan DoS adalah pengembangan dan pemeliharaan langkah-langkah keamanan yang kuat. Hal ini dapat anda lakukan agar terhindar dari serangan DoS.