Informasi Terbaru idea2win

4 Tips Perawatan Kulit Simple Setelah Melahirkan

Memang agak sulit melakukan perawatan diri setelah seorang perempuan melahirkan. Bukan hanya karena kondisi tubuh yang sedang melakukan pemulihan pasca melahirkan, namun juga kesibukan mengurus bayi yang baru lahir.

Padahal, setelah melahirkan, ada banyak perubahan yang terjadi pada kulit seorang wanita. Misalkan saja adanya stretch mark, pigmentasi kulit yang tidak merata, jerawat, mata hitam, kerontokan, mata sembab, dan masih banyak lagi.

Sebenarnya, ada beberapa tips perawatan kulit dengan cara sederhana bagi ibu yang baru melahirkan, agar kulitnya tetap terawat. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

Tips Merawat Kulit Dengan Mudah Setelah Melahirkan

1. Gunakan tabir surya setiap kali bepergian

Bagi Anda yang baru saja melahirkan bayi tercinta, kondisi kulit memang sedang dalam keadaan yang rentan. Terlebih saat tersengat matahari langsung. Kulit akan mudah mengalami masalah. Untuk itu, hindari sengatan matahari langsung jika ingin bepergian ke luar rumah dengan cara menggunakan tabir surya dengan tingkat 15 SPF atau lebih.

2. Minum air yang cukup

Dengan terpenuhinya kebutuhan air pada tubuh, bukan hanya akan memberikan rasa sehat dan kebugaran, tetapi juga membuat kulit menjadi selalu sehat dan bersih. Air dapat menghindarkan tubuh seseorang dari dehidrasi yang menyebabkan kulit dapat menjadi kering dan kusam. Manfaat air juga dapat menyeimbangkan hormon pada kadar yang seimbang.

3. Lakukan tiga langkah dasar perawatan kulit

Bahkan bagi Anda yang habis melahirkan, melakukan perawatan dasar seperti cleanser, toner dan moisturizer tetap wajib dilakukan. Setidaknya, lakukan 2 kali dalam sehari.

4. Lakukan eksfoliasi kulit

Melakukan eksfoliasi kulit atau pengangkatan sel-sel kulit yang sudah mati, seperti melakukan facial, juga wajib Anda lakukan setidaknya seminggu tiga kali. Cara ini juga dapat meningkatkan kesehatan dan kebersihan kulit Anda setelah melahirkan. Untuk penggunaan bahan alami, Anda bisa menggunakan scrub garam laut yang mampu mencerahkan kulit.

Demikian beberapa tips perawatan kulit pasca melahirkan dengan cara yang sederhana. Imbangi semuanya dengan istirahat dan tidur yang cukup. Karena hal ini juga dapat menyebabkan kulit Anda menjadi kusam dan berkerut. Gunakan waktu tidur bayi untuk dimanfaatkan sebagai waktu tidur Anda juga. Agar bukan hanya tubuh Anda, tetapi juga kulit akan menjadi sehat.