Informasi Terbaru idea2win

7 Prospek Kerja Teknik Informatika yang Paling Diminati

Di jaman yang serba digital seperti sekarang ini, banyak perusahaan yang membutuhkan karyawan khusus untuk mengurus keperluan berbasis teknologi. Hal tersebut tentu saja menjadi kabar baik untuk para lulusan teknik informatika atau TI. Dengan kebutuhan tenaga informatika yang tinggi maka peluang lulusan TI mendapatkan pekerjaan juga lebih tinggi.

Sebenarnya tidak hanya bekerja di perusahaan saja, lulusan TI tetap memiliki peluang kerja secara freelance. Hasil yang didapatkan juga tidak kalah dengan jika bekerja di perusahaan, asalkan skill programming yang dimiliki mumpuni. Berikut ini adalah 7 prospek kerja teknik informatika baik pada perusahaan atau secara freelance:

Prospek Kerja Teknik Informatika
Prospek Kerja Teknik Informatika

System Analyst

System analyst merupakan prospek kerja lulusan IT yang memiliki gaji tinggi. Deskripsi kerja dari system analyst yaitu menganalisis sebuah sistem yang akan dipakai oleh perusahaan. Pekerjaan ini tidak bekerja seorang diri namun juga bekerja dengan programmer yang membuat program. System analyst memiliki tanggung jawab besar terhadap perangkat lunak yang akan digunakan perusahaan. Oleh karena itu, gaji dari profesi ini cukup tinggi.

Web Designer

Desain web merupakan hal yang cukup penting karena berpengaruh pada tampilan dari sebuah website. Apabila website didesain dengan baik maka fungsinya juga bisa lebih maksimal. Bekerja sebagai web designer menuntut Anda untuk kreatif karena desain web berhubungan dengan tampilan.

Web Developer

Selain web designer, pekerjaan sebagai web developer juga sangat dibutuhkan. Tugas dari pekerjaan ini adalah membuat website lengkap, termasuk dengan fungsi-fungsi yang dijalankan. Untuk menjadi seorang web developer, Anda tidak perlu bekerja di kantor. Pasalnya saat ini banyak dibutuhkan web developer yang bekerja secara remote atau freelance.

Mobile Application Developer

Prospek kerja teknik informatika yang banyak dibutuhkan saat ini yaitu sebagai mobile application developer. Pekerjaan ini sangat dibutuhkan seiring meningkatnya kebutuhan aplikasi berbasis mobile lantaran banyaknya masyarakat yang menggunakan internet melalui smartphone. Apalagi saat ini mulai banyak startup yang muncul dan mengembangkan bisnisnya sehingga mobile application developer sangat dibutuhkan.

Network Administrator

Salah satu pekerjaan utama seorang network administrator yaitu menjaga keamanan dan kontinuitas sistem yang dimiliki sebuah perusahaan. Selain itu, network administrator juga bekerja untuk membuat email server, DNS server, dan juga FTP. Pekerjaan satu ini sangat dibutuhkan karena banyak perusahaan besar yang sudah mengintegrasikan database dan jaringan pada satu sistem network.

IT Consultant

IT consultant merupakan pekerjaan selanjutnya yang bisa dimasuki oleh lulusan teknik informatika. Tugas seorang IT consultant yaitu mencari solusi dari permasalahan yang ada pada sebuah sistem. Mereka memiliki tanggung jawab untuk menyelesaikan dan mengatasi masalah sehingga sistem dapat bekerja sesuai dengan yang diharapkan. Selain itu, IT consultant juga bertugas untuk memberikan ide pada klien seputar sistem yang dibutuhkan agar target perusahaan terpenuhi.

Software Tester

Pekerjaan sebagai software tester memang terdengar cukup menarik bagi sebagian besar lulusan teknik informatika. Sesuai dengan namanya, tugas dari software tester adalah melakukan pengujian pada fungsi perangkat lunak. Mereka tentu saja bertanggung jawab pada kebenaran fungsi sebuah sistem.

Itulah prospek kerja teknik informatika yang banyak diminati dan dibutuhkan di era digital seperti sekarang. Dengan kemajuan teknologi saat ini, lulusan teknik informatika akan selalu dibutuhkan. Yang terpenting Anda memiliki skill yang baik di bidang ini. Jika memang berminat memasuki dunia IT, Anda bisa menempuh pendidikan Strata 1 di STMIK IDS Digital College. Dengan gelar S1 dari institusi yang bagus maka Anda lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan. Dapatkan informasi lebih lengkap mengenai jurusan TI di STMIK IDS Digital College pada website ids.ac.id.