Informasi Terbaru idea2win

Hal yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Kuliah Animasi

Animasi adalah gambar bergerak yang terbentuk dari sekumpulan objek beraturan. Gambar tersebut bisa berupa hewan, manusia, tulisan, ataupun yang lainnya. Seiring perkembangan teknologi digital, animasi menjadi bidang yang juga ikuti berkembang. Akhirnya Kamu bisa menemukan jurusan kuliah Animasi yang memang berfokus pada pembuatan animasi digital maupun game.

Apabila tertarik menjadi seorang animator, Kamu harus menempuh pendidikan S-1 terlebih dahulu. Ada beberapa kampus yang menawarkan jurusan ini, salah satunya yaitu International Design School. Namun sebelum masuk kuliah, sebaiknya ketahui beberapa hal berikut ini:

Terdapat Mata Kuliah Hitung-hitungan

Beberapa orang yang menghindari Matematika biasanya juga memilih jurusan Animasi ini. Memang benar Kamu tidak akan menemukan mata kuliah Matematika seperti Aljabar dan lain sebagainya, namun Kamu tetap akan bisa menemukan mata kuliah yang berhubungan dengan hitung-hitungan. 

Contoh mata kuliah yang berhubungan dengan hitung-hitungan adalah mata kuliah menggambar. Meskipun terkesan hanya menggambar, namun secara profesional ada banyak proses yang harus dilakukan, salah satunya yaitu memperhitungkan bentuk dengan objek asli. 

Kuliah Animasi

Berkiblat Pada Style dari Disney

Ada beberapa mahasiswa yang juga mengambil kuliah Animasi karena tertarik dengan animasi bergaya Jepang. Namun sayangnya Kamu tidak akan mempelajarinya di perkuliahan. Pasalnya semua jurusan Animasi yang ada di Indonesia menggunakan style Disney sebagai kiblat. 

Meskipun Kamu tidak akan belajar secara khusus, namun Kamu tidak perlu menghilangkan style Jepang dalam membuat animasi. Dengan kreativitas dan inovasi, Kamu bisa menggabungkan style Jepang dengan style Disney Amerika agar lebih menarik.

Peralatan yang Dibutuhkan Banyak

Media gambar yang Kamu gunakan bukanlah kertas gambar manual, melainkan kanvas digital. Gambar di kertas memang bisa menguntungkan Kamu apabila dijual, namun kebanyakan orang sekarang membutuhkan file digital saja. 

Oleh sebab itu, Kamu tidak membutuhkan banyak peralatan gambar untuk menggambar secara manual. Sebaliknya Kamu membutuhkan peralatan gambar digital misalnya seperti komputer atau laptop mumpuni, alat gambar digital, dan lain sebagainya.

Menggunakan Software Khusus

Semua jurusan Animasi pasti membutuhkan software khususu untuk membuat animasi. Namun biasanya beda kampus beda pula software yang akan digunakan. Software ini mendukung pembuatan animasi agar bisa bergerak,

Beberapa software yang biasa digunakan yaitu Autodesk 3ds max, Cinema4D, Maya, dan lain sebagainya. Kamu bisa mempelajari beberapa software agar mendapatkan skill yang lebih terasah. Selain itu, Kamu juga perlu menyesuaikan penggunaan software dengan kurikulum kampus agar lebih mudah saat mengerjakan tugas dari dosen.

Biaya Kuliah

Hal terakhir yang perlu Kamu ketahui mengenai jurusan Animasi adalah biaya kuliahnya. Setiap kampus tentu saja menerapkan biaya yang berbeda-beda. Kamu bisa mencari beasiswa untuk meringankan beban kuliah tersebut. Selain itu, Kamu juga bisa menjual karya digital di platform online untuk membantu biaya kuliah atau biaya hidup selama kuliah. Sangat menarik bukan?

Itulah beberapa hal yang perlu Kamu ketahui sebelum kuliah Animasi. International Design School sebagai salah satu kampus swasta terbaik di Indonesia menawarkan jurusan Animasi yang bisa Kamu jadikan pilihan. Kampus di Jakarta Selatan ini memiliki banyak keunggulan yang bisa membantu Kamu lebih siap menghadapi dunia kerja.

Untuk jurusan Animasi sendiri, Kamu bisa memilih program studi Digital Animation and Games. Jadi bukan hanya animasi film saja, Kamu juga akan belajar mengenai animasi games. Sangat menarik bukan? Kamu bisa mendapatkan informasi lainnya seputar jurusan di International Design School melalui website resmi yaitu www.idseducation.com