Informasi Terbaru idea2win

6 Tips Menjalani Kuliah Sambil Kerja

Memang tidak mudah menjalani 2 profesi sekaligus. Namun pada kenyataan hidup yang menuntut untuk melakukan hal seperti itu. Keadaan ekonomi yang mendorong seseorang yang memiliki cita- cita tinggi namun memiliki keterbatasan biaya. Mendorongnya untuk melakukan dua profesi sekaligus yakni kuliah sambil kerja. Biaya kuliah yang relatif cukup besar mengharuskan seseorang untuk bekerja agar bisa membiayai kuliahnya sampai selesai. Karena memasuki jenjang perkuliahan sangatlah penting untuk menunjang masa depan yang lebih cerah. 

Melakukan 2 profesi tersebut sekaligus jika tidak di menej dengan baik maka akan berantakan dan salah satunya akan terlalaikan. Untuk menghindari hal tersebut ada tips yang bisa dilakukan untuk Anda yang harus bekerja sambil kuliah agar dapat berjalan dengan baik. berikut uraiannya:

  1. Ambilah pekerjaan yang sesuai dengan jurusan kuliah yang sedang Anda jalani

Jika Anda mengambil pekerjaan yang sejalur dengan jurusan kuliah. Maka hal tersebut dapat membantu Anda untuk menguasai pekerjaan baru dengan cepat, karena ilmu yang telah didapat di perkuliahan atau sebaliknya.

Dengan bekerja sambil kuliah bisa menambah ilmu yang Anda dapatkan dan juga mempermudah mendapatkan nilai bagus. Karena Anda terjun langsung di dunia kerja dengan mempraktekkan ilmu kuliah yang di dapat. 

kuliah sambil kerja
kuliah sambil kerja

Namun jika anda tidak menemukan pekerjaan yang sesuai dengan jurusan kuliah, cobalah mencari pekerjaan yang memang sesuai dengan jadwal serta kemampuan yang Anda miliki.

  1. Bijak Mengatur Waktu

Memutuskan bekerja pada saat masih kuliah adalah komitmen berat yang harus dijalani. Manajemen waktu menjadi masalah utama. Anda harus punya cara untuk mengatur waktu kuliah dan waktu kerja yang efisien. Aturlahlah waktu dengan baik kapan Anda harus kuliah, kapan Anda belajar, kapan Anda harus fokus kerja, kapan Anda bisa nongkrong, dan kapan harus beristirahat. Jika perlu, Anda bisa membuat jadwal harian terkait pembagian

  1. Ingat Kembali Komitmen

Jangan sampai Anda melupakan komitmen. Jangan sampai sudah terbiasa pegang uang, kuliah sedikit demi sedikit mulai diabaikan. Ingatlah kembali komitmen di awal bahwa Anda ingin kuliah untuk mengenyam pendidikan yang baik untuk masa depan dan bekerja untuk membantu menopang biaya kuliah.

  1. Mengambil kelas online

Teknologi yang semakin canggih dan berkembang ternyata juga mempengaruhi dunia pendidikan. Salah satunya adalah hadirnya sistem perkuliahan berbasis online. Meskipun Anda tidak hadir ke kampus atau bertatap muka langsung dengan dosen, namun akan banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari sistem kuliah online. Seperti contoh waktu kuliah fleksibel yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan sehari- hari. Pada akhirnya akan menghasilkan daya serap dan pemahaman belajar yang lebih baik.

  1. Beritahukan kondisi Anda kepada perusahaan

Ketika Anda melakukan interview dengan perusahaan yang dipilih, cobalah untuk menjelaskan posisi Anda yang masih menjadi mahasiswa. Hal tersebut sangat penting dan jangan sampai terlewat. Karena dengan begitu, perusahaan akan memahami kondisi Anda dan jika perusahaan tetap membutuhkan jasa Anda, kerja dan kuliah pun bisa Anda jalani dengan seimbang.

  1. Prioritaskan kuliah dan bekerja

Jika Anda sudah komitmen untuk kuliah dan bekerja, sebaiknya hal- hal yang tidak terlalu penting bisa Anda skip. Fokuslah pada kepentingan kuliah dan pekerjaan. Anda juga harus sedikit mengorbankan waktu liburan, nongkrong, dan lain sebagainya.

Itulah 6 tips yang semoga bermanfaat bagi Anda yang sedang menjalani kuliah sambil kerja. Semoga dapat bermanfaat untuk masa depan yang ingin Anda capai.